PERENCANAAN BADMINTON STADIUM DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR FUTURISTIK DI SAMARINDA

Rinto Parantean, Prasetyo Prasetyo, Wardhana Wardhana

Abstract


Dalam perkembangan jumlah atlit-atlit di Kota Samarinda dan banyak tempat latihan atlit atau lapangan sewa bulu tangkis, namun belum tersedianya fasilitas yang cukup untuk mewadahi event kejuaraan nasional maupun internasional bulu tangkis, serta masih kurangnya fasilitas penunjang yang memadai untuk para atlit. Tujuan penelitian perencanaan dalam membuat Gedung Badminton Stadium dengan pendekatan Arsitektur Futuristik Di Samarinda sehingga tersedianya tempat atau sarana untuk mewadahi Pendidikan Olahraga Badminton dan tempat latihan para atlit serta memberi fasilitas penunjang yang lengkap seperti arena pertandingan, arena pelatihan, Ruang fitnes, Ruang medis, Musholla, Cafetaria dan Badminton Store, dengan konsep pendekataan Arsitektur Futuristik. Maka diharapkan dengan perencanaan ini agar dapat dimanfaatkan sepenuhnya karena keterbatasan fasilitas atau fasilitas penunjang olahraga badminton di Samarinda. Dengan penekanan gaya arsitektur futuristik pada perencanaan gedung tersebut diharapkan mampu menjadikan bangunan agar terkesan heroik dan canggih serta dilengkapi dengan fasilitas penunjang agar pengguna bangunan terasa nyaman.


Keywords


Gedung, Stadium Badminton, Arsitektur Futuristik

Full Text:

PDF

References


Allo, M. S. L. (2016). Perencanaan Dan Perancangan Stadion Bulutangkis Internasional Dengan Pendekatan Arsitektur Ekspresionis Di Maguwoharjo, Sleman D.I.Yogyakarta. Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik Kota Samarinda. (2020). Kota Samarinda Dalam Angka 2020

Ching, Francis D.K. (2008). Buku Arsitektur Bentuk, Ruang, dan Tatanan Edisi Kedua. Ciracas, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ernst., Neufert, P.(2012). Neufert Architects’ data. Edisi 4. Blackwell Publishing Ltd

Neufert, E. (2002). Ernst Neufert data arsitek. Edisi 33 jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Syahputra, R. T. (2022) Perancangan Gedung Olahraga Bulutangkis Di Sport Center Sumatera Utara Dengan Pendekatan Arsitektur Metafora, Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Medan Area Medan.

Syahyana, A. D. (2020). Stadion Olahraga Bulu Tangkis Dengan Pendekatan Arsitektur Hijau Di Kabupaten Gowa. Program Sarjana Arsitektur, Jurusan Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Walikota Samarinda. (2014). Peraturan Daerah Kota Samarinda No 2 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Samarinda Tahun 2014-2034..




DOI: https://doi.org/10.31293/ttm.v5i1.7346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Â