IMPLEMENTASI HAK TENAGA KERJA HARIAN LEPAS PADA JASA PEMBORONG INSTALASI LISTRIK APABILA MENGALAMI KECELAKAAN KERJA MELALUI BPJS

Evi Mardiana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) pasca transformasi PT JAMSOSTEK menjadi BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan dan untuk mengetahui bagaimana akuntabilitas kinerja BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan.

Penelitian ini dilakukan di Kota Samarinda, dengan mengambil data yang relevan serta melakukan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dalam hal ini pihak penyelenggara BPJS dan pihak-pihak yang terkait dan pihak-pihak yang terkait dalam penulisan skripsi ini.

Metode penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) dan metode penelitian lapangan (Field Research). Metode penelitian kepustakaan yaitu metode penelitian dengan melakukan pengumpulan data pustaka atau bahan bacaan yang relevan dengan penelitian yang dilakukan, sedangkan metode penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dimana penulis akan terjun langsung ke lapangan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pasca transformasinya JAMSOSTEK menjadi BPJS Ketenagakerjaan, pemerintah telah memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan BPJS diantaranya dengan menetapkan jenis pelayanan kesehatan, menetapkan anggaran dan subsidi iuran. Adapun fokus utama dalam skripsi ini adalah program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Pasca bertransformasi dinilai telah banyak memberikan peningkatan dalam kualitas layanannya, dan juga penambahan program yang memberi manfaat lebih untuk penggunanya, baik deri segi benefit maupun tarifnya yang dinilai cukup ekonomis. Namun, penulis belum bisa mengatakan pelayanan dan akuntablitas BPJS yang telah diberikan berjalan sempurna sebagaimana mestinya, karena penulis masih menemukan ketidaksesuian didalamnya

Kata Kunci :  Kecelakaan Tenaga Kerja Harian Lepas , BPJS


References


DAFTAR PUSTAKA

A. BUKU

................ Iman Soepomo, 2001, Hukum Perburuhan Bidang Hubungan Kerja, Jakarta: Djambatan,

...............Lourenco Gusmao, 2011, Peranan SDA dan SDM terhadap Pembangunan Ekonomi, http://dodogusmao.wordpress.com.

...............Soedarjadi, 2008, Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia, Yogyakarta : Pustaka Yustisia,

..............R. Joni Bambang S., S.H., MM, 2013, Hukum Ketenagakerjaan, Bandung: Pustaka Setia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 DEDIKASI JURNAL MAHASISWA



Contact person :

Amin Slamet

Faculty of Law. 17 August 1945 University of Samarinda
Jl.Ir.H.Juanda, No.80. Samarinda. East Kalimantan. Indonesia

Email : journalofl@gmail.com

Telp: 0541-743390

Lisensi Creative Commons
Journal of Law is licensed below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.