TINJAUAN YURIDIS PERBUATAN MELAWAN HUKUM TERHADAP PEMBIARAN BEKAS LUBANG TAMBANG DI KALIMANTAN TIMUR

Roni May Sandi

Abstract


ABSTRAK

 

Dari hasil observasi awal, penulis menemukan beberapa fakta ironi bahwa dari semua kasus meninggalnya anak-anak di bekas lubang tambang yang tidak direklamsi di Provinsi Kalimantan Timur tidak satupun kasus yang berlanjut sampai pada proses penyidikan dan penyelidikan, dan lebih celakanya lagi dari beberapa kasus meninggalnya anak di lubang bekas tambang terjadi pada kepemilikan dari perusahaan yang sama, terulang-ulangnya kejadian tersebut mengindikasikan adanya kelalaian dari pihak pemanggku kebijakan yang mempunyai fungsi pengawasan dalam kegiatan pertambangan di Kalimantan Timur. Merefleksikan permasalahan tersebut penulis terdorong untuk melakukan pembelajaran lebih dalam untuk melihat bagaimana praktik-praktik pertambangan yang selama ini dijalankan di Provinsi Kalimantan Timur baik dari sisi pelaku pengusaha pertambangan sendiri maupun dari sisi pemerintahan, yang pada praktiknya cenderung berdampak buruk di lingkungan masyarakat. Penulisan ini dibuat untuk mengetahui jawaban atas beberapa pokok permasalahan seperti sejauhmana pengaturan hukum bagi perusahaan batubara terhadap bekas galian tambang batubara, bagaimana tanggung jawab hukum perusahaan pertambangan batubara apabila lubang bekas tambang memberikan dampak buruk bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris dimana penulis ingin melihat hukum dalam artian nyata dan bagaimana kerjanya hukum di lingkungan masyarakat, terlebih penelitian ini akan mengambil fakta-fakta yang ada di dalam suatu masyarakat, badan hukum atau badan pemerintahan. Sementara itu jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kategori yaitu data primer dan data sekunder.

Kata Kunci :tambang, reklamasi,bekas lubang tambang, pengawasan


References


DAFTAR PUSTAKA

BUKU BACAAN

Andi Hamzah, Penegakan Hukum Lingkungan, Sinar Grafika, Jakarta, 2005.

Amran Nur, Laporan Kerusakan Lingkungan Akibat Penambangan Batubara serta Banyaknya “PETI” di kota Sawahlunto, Pemerintah Kota Sawahlunto, Sawahlunto, 2004.

Daud Silalahi, Perkembangan Hukum Lingkungan Indonesia: Tantangan dan Peluang, 2000.

Muktar Kusuma Admaja, Konsep-konsep Hukum dalam Pembangunan, Ed. H.R. Otje Salmandan Edy Damain, Alumni Bandung, Bandung, 2002.

Mochtar Kusuma atmadja, Konsep-Konsep Hukum Dalam Pembangunan (Kumpulan KaryaTulis) Penerbit Alumni, Bandung, 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 DEDIKASI JURNAL MAHASISWA



Contact person :

Amin Slamet

Faculty of Law. 17 August 1945 University of Samarinda
Jl.Ir.H.Juanda, No.80. Samarinda. East Kalimantan. Indonesia

Email : journalofl@gmail.com

Telp: 0541-743390

Lisensi Creative Commons
Journal of Law is licensed below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.