TINJAUAN YURIDIS PERJANJIAN JUAL BELI TANAH ANTARA ORANG TUA DAN ANAK ( DARI SISI PASAL 1320 KUH PERDATA )

Ayu Sevtia Chelda

Abstract


ABSTRAK

 

Belakangan ini salah  satu  masalah  pertanahan  untuk  dikaji  adalah  dalam  hal  jual  beli  tanah,  Khususnya  ditinjau  dari  persepektif  hukum  tanah nasional. Oleh  karena itu perlu pemahaman yang mendalam tentang hukum jual beli agar tidak terjadi kesalahan pahaman di kemudian hari. Menurut KUH Perdata adalah perjanjian dalam mana pihak yang satu ( penjual ) mengikatkan dirinya untuk menyerahkan hak atas tanah kepada pihak yang satu lagi (pembeli) , dan pihak pembeli membayar harga tanah yang telah disetujui bersama. Banyak transaksi jual beli tanah yg sering ditemukan dalam melakukan transaksi jual beli tanah,  bahkan tidak sedikit menemukan hal tentang perjanjian atau transaksi jual beli tanah antara orang tua dan anak yang sering menimbulkan masalah dikemudian hari.

Buku Tinjauan Yuridis Jual Beli Tanah antara Orang Tua  dan Anak (Dari Sisi Pasal 1320 KUHPerdata) dirancang agar memudahkan masyarakat untuk menghindari resiko tuntutan atau gugatan dari pihak ketiga yang membatal kan perjanjian secara hukum. Meski transaksi dilakukan secara formal, perjanjian jual beli tanah sebagaimana kemudian dituangkan  dalam akta PPAT antara orang tua dan anak , namun secara materil sebenarnya tidak mengeluarkan biaya untuk pembelian tersebut namun dapat dikatakan sah.

Buku tentang Tinjauan yuridis jual beli tanah antara orang tua dan anak                   ( dari sisi pasal 1320 KUH Perdata) memuat isi agar pembaca dapat memahami apakah perjanjian seperti itu sah secara hukum dan apa akibat hukumnya. Buku ini dapat digunakan untuk masukan yang berkenaan dengan penerapan hukum yang berkaitan dengan perjanjian jual beli tanah agar dapat berjalan dengan baik dan terlindung dari hukum. Buku ini memuat tentang keabsahan perjanjian jual beli tanah antara orang tua dan anak dari sisi pasal 1320 KUH Perdata.

Kata kunci : Jual Beli


References


Abdurrahman 1999 tentang dan sekitar UUPA Grafika Bandung

AP Parlindungan 2000 Komentar atas UUPa Mega Mendung Jakarta

-----------------------1000 pendaftaran tanah Di Indonesia Grafika Jakarta.

Bahtiar Efendi 1999 Pendaftaran tanah dan pelaksanaannya Aditia Jakarta

Budi harsono 1999 Hukum agrarian Nasional Inter masa Jakarta

-------------------1999 Himpunan peraturan tentang pertanahan Albi Jakarta

Effendi Perngin 2000 Hukum agrarian Jembatan Jakarta

----------------------1999 tta Cara pengurusan Sertifikat gembira Maju Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Contact person :

Amin Slamet

Faculty of Law. 17 August 1945 University of Samarinda
Jl.Ir.H.Juanda, No.80. Samarinda. East Kalimantan. Indonesia

Email : journalofl@gmail.com

Telp: 0541-743390

Lisensi Creative Commons
Journal of Law is licensed below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.