PENGARUH PRODUK DAN HARGA SERTA PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI SEPEDA MOTOR HONDA DI MELAK

sulasih - rina

Abstract


Abstrak : rtikel ini  menjelaskan pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan membeli sepeda motor honda di Melak Kabupaten Kutai Barat. Dalam hal ini peran produk, harga dan promosi terhadap keputusan membeli sepeda motor honda sangat penting bagi masyarakat di Melak Kabupaten Kutai Barat, artikel ini bersumber dari penelitian lapangan selama bulan Juli sampai Agustus 2014 di Wilayah Melak Kabupaten Kutai Barat.

Di dalam hidupnya manusia tidak lepas dari berbagai macam kebutuhan, mulai dari kebutuhan dasar sampai pada tingkat kebutuhan yang lebih tinggi. Salah satu kebutuhan manusia adalah tampil menarik, percaya diri dan nyaman. Kebutuhan itu dapat terpenuhi dengan menggunakan kendaraan roda dua yaitu sepeda motor.

Semakin ketatnya persaingan diantara perusahaan industri otomotif, membuat pelaku industri otomotif harus lebih cermat lagi dalam mengamati perkembangan pasar dan menerapkan strategi-strategi pemasaran yang jitu agar market share yang telah diraih tidak direbut oleh pesaing-pesaing lama ataupun pesaing yang baru. Tidak terkecuali Honda yang merupakan salah satu perusahaan industri otomotif yang terkemuka, dapat membentuk komponen keunggulan bersaing yang kuat agar dapat membedakannya dari pesaing. Salah satu komponen keunggulan bersaing tersebut dapat dibentuk dengan melihat faktor- faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli.

Semakin dikenalnya produk sebagai akibat dari persepsi dan keyakinan atas produk tertentu, akan menimbulkan image terhadap pemakainya. Faktor-faktor menjadi sangat  penting diperhatikan  perusahaan,  karena dengan mengetahui faktor-faktor, maka dapat menimbulkan nilai emosional pada diri konsumen, dimana akan timbul perasaan positif pada saat membeli atau menggunakan produk tertentu.

Faktor produk sangat penting karena merupakan penentu keinginan dan perilaku yang paling mendasar untuk mendapatkan nilai, persepsi, preferensi dan perilaku dari lembaga-lembaga penting lainnya. Mengikuti perkembangan saat ini,  banyak sepeda motor Honda yang di gunakan oleh masyarakat karena memiliki kualitas yang baik  dan memiliki type yang disukai oleh konsumen, sehingga banyak masyarakat yang tertarik dengan produk tersebut.

Dengan harga yang terjangkau, maka kebutuhan konsumen akan sepeda motor dapat terpenuhi, selain itu pengaruh harga juga dipengaruhi oleh harga jual kendaraan secennya masih sangat tinggi. Keputusan dalam membeli sepeda motor Honda menjadi pertimbangan sendiri yang  melihat dari usia kebutuhan, pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya hidup, serta rasa percaya diri ketika menggunakan produk tersebut. Sepeda motor Honda mempunyai fitur/gaya yang sesuai dengan seleran konsumen seperti bentuk dan striping yang bagus serta mempunyai desain yang unik dengan berbagai pilihan warna

Keywords


produk, harga, promosi dan keputusan Membeli

References


Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. “Prinsi-Prinsip Pemasaran”. Jilid 1, Edisi Delapan. Erlangga : Jakarta.

------------, 2002. “Manajmen Pemasaran”. Edisi Millenium. Prenhalindo. Jakarta.

Kotler, Philip, dan Amstrong, 2004. “Marketing Manajemen”. 10 tahun Edisition Jilid I, PT. Indeks ; Jakarta.

Kotler, Philip dan Hellen Keller. 2007. “Dasar-Dasar Pemasaran”. Edisi Sembilan, Jilid 2, Erlangga : Jakarta

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Line, 2007. “Manajemen Pemasaran”. Edisi Bahasa Indonesia Jilid I Edisi 12, PT. Indeks ; Jakarta.

Lamb, Hair dan McDaniel. 2001. Pemasaran. Buku 1. Salemba Empat : Jakarta.

Swasta, Basu dan Handoko, T. Hani. 2000. “Manajemen Barang dalam Pemasaran”. Cetakan Kedua BPFE, Yogjakarta.

Swastha DH, Basu dan Ibnu Sukotjo W. 2002. “Pengantar Bisnis Modern”. Edisi 3. Liberty : Yogyakarta.

Swastha DH, Basu. 2002. “Azas-Azas Marketing”. Edisi 3. Liberty : Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. “Strategi Pemasaran”. Edisi kedua. Cetakan keenam Penerbit Andy : Yogyakarta.

-----------------------, 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Andy Offset : Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.