EFISIENSI MODAL KERJA UNTUK MENINGKATKAN PROFITABILITAS PADA PT.HM. SAMPOERNA Tbk

Siti - Aprianti

Abstract


SITI APRIANTI, Efisiensi Modal Kerja Untuk Meningkatkan Profitabilitas Pada PT. HM. Sampoerna Tbk. Dibawah bimbingan bapak Eddy Soegiarto dan Ibu Rina Masyitoh.

Modal kerja merupakan jumlah yang harus ada terus menerus dalam membangun usaha perusahaan. Kebutuhan modal kerja harus diatur dengan sebaik-baiknya, agar tidak ada kekurangan atau kelebihan modal kerja. Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan. Rasio ini juga memberikan ukuran tingkat efisiensi manajemen suatu perusahaan.

Alat analisis yang digunakan adalah perputaran modal kerja dan rasio profitabilitas yang terdiri dari gross profit margin, net profit margin, return on investment, return on equity, dan rentabilitas ekonomi.

Berdasarkan analisis dan pembahasan hipotesis diterima karena perputaran modal kerja menunjukkan tingkat efisiensi modal kerja dari tahun 2009-2011 berturut-turut 6,56 kali, 7,24 kali, dan 8,30 kali. Dan peningkatan profitabilitas pada tahun 2009-2011 yaitu GPM 29%-29%, NPM 13%-15%, ROI 29%-79%, dan 41%-56%.

Pada hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tingkat efisiensi modal kerja dapat meningkatkan profitabilitas pada PT. HM Sampoerna Tbk karena profitabilitas perusahaan meningkat setiap tahunnya.

  

Keywords


-

References


Hendra S. Rahardjaputra, 2009. Manajemen Keuangan dan Akuntansi, Salemba 4, Jakarta.

Husnan, Suad, 2002, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi 5, UPPSTIM YKPN, Yogyakarta

Munawir, 2007, Analisa Laporan Keuangan, Liberty, Yogyakarta

Bambang, Riyanto, 2001, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, BEP, Yogyakarta

Kasmir, 2007, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, PT. Raja Grafindo, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.