PROGRAM KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA DAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN PT. KARYA DAMAI AGUNG SAMARINDA

Indah Aprilya Mayasari, LCA. Robin Jonat. Ida Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Karya Damai Agung di Samarinda, serta untuk mengetahui Variabel yang berpengaruh dominan terhadap produktivitas kerja.

Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian lapangan PT. Karya Damai Agung di Samarinda berjumlah 30 pegawai. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sensus (semua populasi dijadikan sampel). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian lapangan dalam bentuk penyebaran kuesioner dan pengamatan langsung, serta studi pustaka.

Model analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, menggunakan alat uji hipotesis dengan uji F dan uji t, alat bantu program aplikasi SPSS versi 16 for Windows.

Nilai koefisien korelasi R adalah 0,797, interpretasi koefisien korelasi pada interval 0,60 – 0,79 yaitu berada pada tingkat hubungan yang kuat antara variabel keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Karya Damai Agung di Samarinda. Nilai koefisien determinasi   sebesar 0,636 berarti bahwa variabel keselamatan dan kesehatan kerja memiliki pengaruh sebesar 63,60% terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Karya Damai Agung di Samarinda, sisanya sebesar 36,40% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil uji F diperoleh  F hitung  > F tabel pada tingkat signifikansi 0,000 < α 0,005 dengan demikian variabel keselamatan dan kesehatan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Karya Damai Agung di Samarinda.

Hasil uji t menunjukkan X1 nilai beta 0,274 dengan tingkat signifikansi 0,064 nilai alpa (α) = 0,005 berarti kesehatan kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan kerja. Uji t untuk X1 beta 0,571 dengan tingkat signifikansi 0,001 < α = 0,005 dengan kata lain berpengaruh signifikan dan dominan terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Karya Damai Agung di Samarinda

Keywords


K3, produktivitas kerja

Full Text:

PDF

References


Algifari, 2000 : 62, Variable Dependent PT. Gunung Agung. Jakarta.

OHSAS 18002:2007 Occupational Health Safety Management System Guideline

Robiana Modjo, 2007, Manajemen, Edisi ketujuh, Erlangga, Jakarta, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.