PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN KUTAI TIMUR

Edi Noviyanto1, H. Eddy Soegiarto K2 Elfreda A Lau3

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan atau tidaknya pengaruh kepemimpinan persuasif dan kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja pegawai secara parsial serta pengaruh kepemimpinan persuasif dan kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja pegawai secara bersama-sama. Data-data yang telah dihimpun di analisis dengan menggunakan persamaan regresi linear berganda dan mendapatkan hasil sebagai berikut : Y=4,244+0,581X1+0,724X2. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kepemimpinan persuasif dan kepemimpinan partisipatif berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Nilai t hasil perhitungan kepemimpinan persuasif 4,546 > t tabel 1,676 dan kepemimpinan partisipatif 6,374 > t tabel 1,676 dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Timur. Nilai F hasil perhitungan 87,405 > F tabel 3,20 dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti secara bersama-sama kepemimpinan persuasif dan kepemimpinan partisipatif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Timur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan persuasif dan kepemimpinan partisipatif dengan nilai koefisien determinasi adalah sebesar 77,9% yang artinya kepemimpinan kepemimpinan persuasif dan kepemimpinan partisipatif meningkatkan kinerja para pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Timur

Keywords


Kepemimpinan Persuasif, Kepemimpinan Partisipatif, dan Kinerja

Full Text:

PDF

References


Mangkunegara, Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosda.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, edisi revisi. Depok: RajaGrafindo Persada.

Sedarmayanti. 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja : Suatu Tinjauan Dari Aspek Ergonomi Atau Kaitan Antara Manusia Dengan Lingkungan Kerjanya. Cetakan Ketiga. Bandung: Mandar Maju.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner, dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian), cetakan kedua. Jakarta: PT. Buku Seru.

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Umam, Khaerul. 2010. Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.