PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN KUTAI BARAT

Novida Pazri Ferzadiana, H. Eddy Soegiarto K., Titin Ruliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai, dan bagaimana pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja Pegawai. Dimana diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk lembaga/instansi dalam pengambilan keputusan untuk meningkatkan hasil kinerja pegawai. Kedua, hasil penelitian dapat digunakan untuk bahan acuan dalam pengambilan keputusan berkaitan dalam peningkatan kinerja pegawainya. Ketiga, untuk rekan-rekan mahasiswa, perusahaan dan penulis agar kiranya penelitian ini dapat di jadikan acuan atau masukan untuk penelitian lebih lanjut.

Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah penelitian lapangan dengan cara mengumpulkan data kuesioner dengan pihak yang berkaitan dengan penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengajukan daftar pertanyaan kuisioner kepada responden, setiap pertanyaan berisi lima pilihan jawaban dimana nilai jawaban yang diberikan menggunakan skor skala Likert.

Untuk pengujian dan pengolahan data penelitian menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dibantu dengan program pengolah data statistik yaitu IBM SPSS Statistik Ver. 22 dimana variabel terikat adalah Kinerja Pegawai (Y) dan variabel bebas yang digunakan adalah Disiplin Kerja (X1) dan Lingkungan Kerja (X2). Dari hasil penelitian dan pengolahan data regresi linier berganda menunjukkan pengaruh Disiplin Kerja (X1) sebesar 0,234 dengan nilai t-hitung sebesar 3,823 tingkat signifikansi 0,000 dan pengaruh Lingkungan Kerja (X2) sebesar 0,220 dimana nilai t-hitung sebesar 3,223 dengan tingkat signifikansi 0,002  sedangkan nilai t-tabel didapat sebesar 2,012 terhadap Kinerja Pegawai (Y). Berdasarkan pengolahan data dapat diketahui nilai F-hitung sebesar 11,129  dengan signifikasi 0,000 sedangkan nilai F-tabel pada taraf signifikan 5 persen untuk penelitian ini sebesar 3,195. Kemudian di dapat Persamaan Garis Regresi Linear Berganda sebagai berikut :   Y = 31,155 + 0,234 X1 + 0,220 X2.  Jadi secara bersama-sama Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.

Dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa Disiplin Kerja (X1) berpengaruh positif dan Signifikan terhadap Kinerja Pegawai (Y), Lingkungan Kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai (Y), dan didapat bahwa Disiplin Kerja (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Lingkungan Kerja (Y). Berdasarkan kesimpulan yang telah diungkapkan sebelumnya, berikut adalah beberapa saran kepada pimpinan instansi pemerintahan terkait, yang diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Hal ini meliputi penerapan disiplin di lingkungan kerja baik untuk pegawai bawahan maupun untuk pimpinan. Peraturan hendaknya dibuat dengan jelas hukuman dan penghargaannya untuk setiap pegawai di instansi Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kutai Barat. Menjaga lingkungan kerja agar selalu aman nyaman dan tentram

Keywords


Disiplin, Lingkungan, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Anonim, Perda, 2001, No.34 Tentang Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kutai Barat.

Ghozali, Imam (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Dipenogoro

Hasibuan, Malayu S.P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Cetakan Keenam, Penerbit PT.Bumi Aksara. Jakarta.

Mangkunegara, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif, Cetakan Kelima. Yogyakarta: Gadjha Mada University Press.

Wursanto I.G, 1999, Manajemen Kepegawaian I, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.