PENERAPAN AKUNTANSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN KINERJA KEUANGAN PADA PT. BANK MANDIRI Tbk.

Nur Ali Purnama1 Titin Ruliana2, Suyatin3

Abstract


Rumusan Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah : 1)Apakah kinerja keuangan PT. Bank Mandiri mengalami peningkatan sebelum dan sesudah penerapan akuntansi sumber daya manusia? 2) Apakah kinerja keuangan PT. Bank Mandiri Tbk. berbeda secara signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan akuntansi sumber daya manusia?

Dasar teori yang digunakan adalah American Accounting Association Committee (1973:169) tentang akuntansi sumber daya manusia dan disiratkan oleh PSAK tentang aset tidak berwujud. Hipotesis yang diangkat yaitu : 1) H1: Kinerja Keuangan PT. Bank Mandiri Tbk. mengalami peningkatan sesudah penerapan akuntansi sumber daya manusia; 2) H2 : Kinerja Keuangan PT. Bank Mandiri Tbk. berbeda secara signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan akuntansi sumber daya manusia.

Hasil dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa kinerja keuangan yang dihitung dengan rasio profitabilitas kemudian di Uji T, adalah secara umum mngalami peningkatan dan berbeda secara signifikan, hal ini disebabkan nominal beban pendidikan dan pelatihan pada PT. Bank Mandiri Tbk. cukup besar, sehingga kapitalisasi dari beban tersebut mempengaruhi laba perusahaan dan juga akun-akun yang lainnya. Setelah diterapkannya akuntansi sumber daya manusia pada laporan keuangan perusahaan. Terjadi peningkatan kinerja dari masing –masing periode yang dijadikan penelitian (2010 s/d 2014). Dengan adanya peningkatan kinerja tersebut, maka rasio profitabilitas perusahaan secara otomatis juga mengalami peningkatan. Sehingga hipotesis yang dikemukakan dapat diterima yaitu bahwa kinerja keuangan PT. Bank Mandiri Tbk. mengalami peningkatan sesudah penerapan akuntansi sumber daya manusia dan berbeda secara signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan akuntansi sumber daya manusia


Keywords


Akuntansi Sumber Daya Manusia, Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References


Anonim, American Accounting Association Committee on Accounting for Human Resources. 1973. “Report of the committee on Human Resource Accounting”. The Accounting Review Suplement to Vol. XLVIII. American Accounting Association.

______, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2012. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Baridwan, Zaki. 2000. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE

Belkaoui. 2004. Accounting Theory. Fifth Edition. Singapore : Seng Lee Press.

Brummet, R. Lee. 1995. Human Resource Accounting: Modern Accounting. Alih Bahasa Tim penerjemah CV. Alfa Beta. Bandung.

Dendawijaya, Lukman. 2003. Manajemen Perbankan, edisi revisi. Ghalia Indonesia

Flamholtz, Eric. 1985. Human Resource Accounting. (San Fransisco, Cal: Jossey-Bass Publisher), especially chaps 4,5,9, 10 and 13.

Harahap, Sofyan Safri. 2007. Teori Akuntansi edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada

Hardiansyah A. 2009. Analisis Simulasi Penerapan Akuntansi Sumber Daya Manusia terhadap Perbandingan Kinerja Laporan Keuangan Pada Bank Panin. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.

Horngren, Datar, Foster, Rajan and Itner. 2009. Cost Accounting: A Managerial Emphasis. Pearson International Edition : Prentice Hall

Ikhsan, Arfan. 2008. Akuntansi Sumber Daya Manusia: Suatu Tinjauan Penilaian Modal Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Islahuzaman. 2006. Akuntansi Sumber Daya Manusia dan Kendala dalam Penerapannya. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi , 8 (1), 1026-1038.

Lako, Andreas. 1995. Akuntansi Sumber Daya Manusia: Pengakuan dan Pelaporan Sumber Daya Manusia Sebagai Asset Organisasi, UPP – AMP YKPN. Yogakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.