PENGARUH KOMPENSASI DAN PUNISHMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV. MERAYA EARTH LOCCO SANGATTA KUTAI TIMUR

Marannu¹, Elfreda Aplonia Lau², Suyatin ³

Abstract


MARANNU, Pengaruh Kompensasi dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Meraya Earth Locco Sangatta Kutai Timur (dibawah bimbingan Ibu Dr. Dra. Ec. Elfreda Aplonia Lau, M.Si dan Ibu Suyatin, SE., M.Si).

Keberadaan sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan memegang peranan sangat penting. Dalam perusahaan terdapat kompensasi yang sangat penting bagi karyawan perusahaan itu sendiri. Selain kompensasi perusahaan juga memberikan sanksi atau punishment kepada karyawan yang sengaja melanggar aturan perusahaan, seperti yang diterapkan di CV. Meraya Earth Locco Sangatta.

Permasalahan dalam penelitian ini antara lain: 1).Apakah kompensasi dan punishment berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada CV. Meraya Earth Locco di Sangatta Kutai Timur. 2).Variabel manakah antara kompensasi dan punishment yang dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada CV. Meraya Earth Locco di Sangatta Kutai Timur.

Secara teoritik, kompensasi  menurut Malayu S. P. Hasibuan (2005: 12) adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan. Sedangkan menurut Mangkunegara (2001: 130) bahwa punishment adalah ancaman hukuman yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja karyawan pelanggar, memelihara peraturan yang berlaku dan memberikan pelajaran kepada pelanggar. Dengan pemberian kompensasi dan sanksi yang sesuai maka diharapkan akan meningkatkan kinerja karyawan tersebut dan tidak akan mengulangi kesalahannya lagi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, pertama: kompensasi dan punishment berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, kedua: kompensasi merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Untuk menguji hipotesis tersebut, maka peneliti menggunakan analisis uji regresi linier berganda.

Adapun hasil dari penelitian ini antara lain: 1).Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 9,773 dengan tingkat signifikansi/ probabilitas 0,000. Karena nilai probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi  bahwa kompensasi dan punishment secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di CV. Meraya Earth Locco Sangatta Kutai Timur sebesar 31,8% melalui persamaan regresi Y = 0,721 + 0,657 X1 + 0,184 X2 dan sisanya sebesar 68,2% dipengaruhi/ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam variabel penelitian ini. 2). Dari kedua variabel bebas yang telah diteliti, diperoleh nilai koefisien beta untuk variabel kompensasi sebesar 0,501 yang lebih besar dari pada koefisien beta variabel punishmnet yaitu 0,206. Hasil ini menunjukkan bahwa secara parsial kompensasi merupakan variabel yang dominan memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan dibandingkan dengan variabel punishment.


Keywords


Kompensasi, Punishment dan Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Dharma, Surya. 2005. Manajemen Kinerja Falsafah, Teori dan Penerapannya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Harahap, 2000, Manajemen Dalam Praktek, Andi Offset, Yogyakarta

Hasan, Iqbal. 2008. Analisis Data Penelitian dengan Statistik, PT. Bumi Aksara, Jakarta

Heidjrahman dan Suad Husnan. 2000. Manajemen Personalia. BPFE: Yogyakarta

Hersey, Paul,. dan Blanchard, Ken., Penerjemah Dharma, Agus.1995. Manajemen Perilaku Organisasi : Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Edisi Keempat. Erlangga: Jakarta.

Mahmudi, 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik, Akademi Manajemen Perusahaan YPKN, Yoyakarta

Malayu, Hasibuan, S.P., 2001. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas, PT. Bumi Aksara, Jakarta

------------, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara, Jakarta

McEntarffer, Robert & Weseley, A. J. (2007). Advanced Placement Psychology (AP Psychology). 3rd edition. Barron’s Educational Series, Inc.

Nawawi, H. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Bisnis yang Kompetitif . Cetakan ke-4. Gadjah Mada. Yogyakarta : University Press.

Prabu Mangkunegara, Anwar. 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Ketiga. Rosdakarya : Bandung.

Siagian, Sondang P. 2004, Teori Motivasi dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: YKPN.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian, Cet. Kedua. Bandung: CV. Alfabeta.

Umar, Husein., 2001. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Gramedia Pustaka: Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.