BEBERAPA VARIABEL YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA PADA CV. SINAR UTAMA DI KOTA SAMARINDA ILIR

MARIA ICE1 Theresia Militina2, Eka Yudhyani3

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui apakah bauran pemasaran berpengeruh positif dan signifikan terhadap variabel faktor kebudayaan, sosial, pribadi, psikologis, dan teknologi terhadap keputusan konsumen membeli sepeda motor merek Yamaha pada kalangan konsumen Yamaha 2) Mengetahui manakah dari faktor kebudayaan, sosial, pribadi, sosiologi, dan teknologi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen membeli sepeda motor merek Yamaha pada kalangan konsumen Yamaha.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori manajemen pemasaran yang berfokus pada pemeblian yang meliputi pengertian pemasaran, manajemen pemasaran, pengertian produk, konsep pemasaran, perilaku konsumen, faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, model perilaku konsumen, keputusan pembelian.

Data yang digunakan adalah data skunder, dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Penelitian Lapangan ( field work research ) yaitu penelitian yang dilakukan dilokasi dan dikantor CV. Sinar Utama Samarinda Ilir guna memperoleh data yang diperlukan serta Penelitian Kepustakaan ( library research ), yaitu pengumpulan data dengan cara mengumpulkan data atau bahan dari kepustakaan dengan membaca literatur dan catatan yang berkaitan dengan penelitian ini.

Alat analisis dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda, uji F ( serentak ) serta uji t ( parsial ). Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:

            Y = 0,930 + 0,338X1 + 0,292X2 + 0,130X3 + 0,85X4 + 0,097X5

Dari hasil penelitian ditunjukan bahwa faktor kebudayaan, sosial, pribadi, psikologis dan teknologi secara simultan maupun parsial berpengeruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli atau menggunakan sepeda motor merek Yamaha pada kalangan konsumen Yamaha. Selain itu variabel Teknologi merupakan variabel berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen membeli atau menggunakan sepeda motor merek Yamaha pada kalangan konsumen Yamaha di Kota Samarinda Ilir.


Keywords


Harga, produk, promosi, distribusi, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


A.A, Prabu, Anwar, 2009, Perilaku Konsumen, Bandung, Resika Aditama.

Alex S. Nitisemito, 2001, Marketing, Cetakan keempat, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2005, Manajemen Penelitian, PT. Asdi Mahasatya, Jakarta.

Amirullah, 2002, Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Dharmesta, Basu Swastha, 2004, Manajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Hadi, Sutrisno, 2001, Analisis Regresi, Penerbit Andy, Yogyakarta.

James F. Engel, Et. Al, 2003, Perilaku Konsumen, Diterjemahkan oleh F. V Budiyanto, Edisi Keenam, Bina Rupa Aksara, Jakarta.

Umar, Husain, 2000, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

, 2004, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.