Kebijakan Utang Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Sub Sektor Makanan Dan Minuman Tahun 2011-2014

Kayarapi Sigalingging LCA. Robin Jonathan2, Imam Nazaruddin Latif3

Abstract


Kebijakan utang (DER) merupakan keputusan yang sangat penting dalam perusahaan karena berfungsi sebagai mekanisme monitoring terhadap tindakan manajer dalam pengelolaan perusahaan. Beberapa hal yang terkait dalam kebijakan utang ini adalah Kebijakan dividen (DPR), Struktur aset (SA) dan Ukuran perusahaan (SIZE).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kebijakan Dividen, Struktur Aset dan Ukuran Perusahaan teradap Kebijakan Utang secara parsial maupun simultan pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011 - 2014 dengan total populasi 14 Perusahaan. Sampel dalam penelitian ini ditentukan 8 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk analisis penelitian menggunakan Uji Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS versi 23.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kebijakan Dividen, Struktur Aset dan Ukuran Perusahaan secara parsial dan secara simultan berpengaruh tidak signifikan terhadap Kebijakan Utang.

 

 


Keywords


Kebijakan Utang, Kebijakan Dividen, Struktur Aset dan Ukuran Perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Hanafi, Hartanto,. 2004, Keluarga Berencana dan Kontrasepsi, PUSTAKA SINAR HARAPAN, Jakarta.

Hendriksen, Eldon S dan Michael, F. Van. Breda. (2000). Teori Akunting. Edisi Kelima, Buku Satu, dialih bahasakan oleh Herman Wibowo, Interaksara, Batam. Ikatan Akuntan Indonesia. (2002). Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat, Jakarta.

Kasmir, 2011,’’analisis laporan keuangan”rajagrafindo persada,Jakarta

Mardiyanto, Handono (2009) Intisari Manajemen Keuangan. Raja Grafindo. Jakarta.

M. Fuad, dkk, 2002, Anggaran Perusahaan; Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.