Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015

Liza Maisaroh, Elreda Aplonia Lau, Rina Masithoh Haryadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi peringkat obligasi perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2010-2015 Dengan Peringkat oblligasi sebagai variabel dependen. Variabel Independen Leverage yang diukur dengan debt to equity ratio (DER), Profitabilitas diukur dengan return on asset (ROA), likuiditas yang diukur dengan current ratio (CR), dan umur obligasi sebagai variabel dummy. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dari website resmi Bursa Efek Indonesia.

Sampel penelitian yang digunakan adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2010-2015. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh berjumlah 54 perusahaan dalam periode tahun 2010-2015. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik untuk menganalisis data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara leverage dan likuiditas terhadap peringkat obligasi, dengan nilai signifikansi leverage sebesar 0.021 dan nilai signifikansi likuiditas sebesar 0.019. Hal ini menunjukkan bahwa leverage dan likuiditas dapat mempengaruhi baik dan buruknya peringkat obligasi perusahaan perbankan. Tidak Terdapat pengaruh signifikan antara profitabilitas dan umur obligasi terhadap peringkat obligasi, dengan nilai signifikansi profitabilitas sebesar 0.391 dan nilai signifikansi umur obligasi sebesar 0.343. Hal ini berarti tinggi atau rendahnya variabel tersebut tidak berdampak pada baik dan buruknya peringkat obligasi pada perusahaan perbankan.

Keywords


Peringkat Obligasi, Leverage, Profitabilitas, Likuiditas, Umur Obligasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodologi Penelitian. Bina Aksara. Yogyakarta.

Gumanti, Tatang Arya. 2011. Manajemen Investasi Konsep. Teori dan Aplikasi.Edisi Pertama. Mitra Wacana Medika, Jakarta.

John, A Pearce II dan Richard B. Robinson, Jr.2007. “Manajemen Strategis”, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Kasmir. 2010. “Pengantar Manajemen Keuangan”, Kencana, Jakarta.

Riyanto, Bambang, 2001, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi 4,Cetakan Ketujuh, BPFE, Yogyakarta.

Sabardi Agus., 2001, Manajemen Pengantar, Edisi Revisi, UPP AMP YKPN,Yogyakarta.

Sartono, R.A. 2002. Manajemen Keuangan dan Teori Aplikasi. Edisi Ketiga.BPFE. Yogyakarta.

Sundjaja, Ridwan S., Inge Barlian dan Dharma Putra Sundjaja. 2010. “Manajemen Keuangan 2”, Literata Lintas Media, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.