SISTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT KONSUMTIF PADA PT.BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG SAMARINDA

Yulistina Meilinda, LCA. Robin Jonathan, Heriyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan prosedur  pemberian kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk cabang Samarinda. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan pihak manajemen PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk cabang Samarindadalam mengambil keputusan dan meningkatkan pelayanan dalam pemberian kredit.

Permasalahan penelitian ini yaitu apakah sistem dan prosedur dalampemberian kredit sudah optimal dan sudah sesuai dengan surat edaran yang telah berlaku mengenai tata cara dan ketetuan dalam pemberian kredit. Dari hipotesis diduga sistem dan prosedur yang dijalankan belumlah optimal.

Pengumpulan data dilakukan selama sebulan. Dalam sebulan itu dilakukan dari hari senin sampai dengan hari jumat. Dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WITA.

Alat anasisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Komparatif (Perbandingan), yaitu membandingkan antara sistem pemberian kredit konsumtif yang dilaksanakan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk cabang Samarinda dengan surat edaran direksi tentang petunjuk pelaksanaan kredit konsumtif yang telah ditetapkan.

Keywords


Sistem dan Prosedur Pemberian Kredit

Full Text:

PDF

References


Jusup, Al Haryono, 2001, Dasar-Dasar Akuntansi, Jilid I, Edisi 6, STIE YKPN, Yogyakarta

Kroenke, David dan Richard Hatch, 2001, Management Information Sistem, Sixth Edition, MC.Grow-Hill.Inc, Nort Amerika

Kasmir, 2002, Bank & Lembaga Keuangan, Raja Grafindo, Jakarta

Mulyadi, 2001, Sistem Akuntansi, Jilid I, Edisi 3, Cetakan ketiga, Salemba Empat, Yogyakarta

Narko, 2000, Sisem Akuntansi, Yayasan Pustaka Nusantara, Yogyakarta

Pyle, William.W, dan Kermit, 1996, Financial Accounting Principles 3

Rollin, Nisworger, C Philiphe, Fees, dan Carl S Warren, 1999, Prinsip-prinsip Akuntansi, Jilid 1, Edisi Keenam Belas, Erlangga, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.