TINGKAT KESEHATAN BANK UMUM PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2011- 2014

Indo sengngeng Titin Ruliana Rina Masitoh

Abstract


Indo Sengngeng, 2016. Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda dengan judul Tingkat Kesehatan Bank Pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011-21014 dengan Metode Risiko (Risk Based Bank Rating) dibawah bimbingan Ibu Titin Ruliana selaku dosen pembimbing I dan Ibu Rina Masyitoh selaku dosen pembimbing II. Sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia Nomor 113/1/PBI/2011 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum, Bank wajib melakukan penilaian Tingkat Kesehatan Bank dengan menggunakan pendekatan berdasarkan Risiko (Risk Based Bank Rating).

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis penilaian tingkat kesehatan bank umum, berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No. 13/24/DPNP/2011. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 emiten perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2011-2014. Alat analisis yang digunakan adalah penilaian kesehatan bank terhadap faktor risiko menggunakan rasio non performing loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR), faktor tata kelola perusahaan dengan menggunakan laporan self assesment good corporate  governance, faktor rentabilitas dengan menggunakan rasio return on asset (ROA) dan net interest margin (NIM) dan faktor modal dengan menggunakan rasio capital adequacy ratio (CAR).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil penilaian kesehatan bank terdapat bank umum dengan hasil penilaian kurang sehat dan tidak sehat. Berdasarkan rasio NPL terdapat 2 bank dengan hasil penilaian tidak sehat, berdasarkan rasio LDR terdapat 6 bank dengan hasil penilaian kurang sehat dan 1 bank dengan hasil penilaian tidak sehat. Berdasarkan rasio ROA terdapat 3 bank dengan hasil penilaian kurang sehat dan 3 bank dengan hasil penilaian tidak sehat. Berdasarkan rasio NIM dan rasio CAR semua bank dalam kategori sehat (sangat sehat, sehat, cukup sehat).

Keywords


Kesehatan Bank, non performing loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), laporan self assesment good corporate governance(GCG), return on asset (ROA) , net interest margin (NIM) dan capital adequacy ratio (CAR).

Full Text:

PDF

References


Hasan Nurul Ichsan.2014. Pengantar Perbankan, Edisi Pertama. Jakarta,Anggota IKAPI.

Ismail Solihin,2010.Pengantar manajemen.Jakarta. Penerbit Erlangga

Ismail. 2010. Manajemen Perbankan Dari Teori Menuju Aplikasi. Jakarta,Kencana.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Malayu. SP. Hasibuan. 2006. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta, PT Bumi Aksara

Lampiran SE BI 13/24/DPNP/2011.

Sri Hermuningsih. 2012. Pengantar Pasar Modal Indonesia. Edisi satu. Jakarta.

Peraturan Surat edaran No.13/24/DPNP/2011

Triandaru, Sigit dan Totok Budisantoso. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Edisi 2. Jakarta, Salemba Empat.

Undang-Undang RI nomor 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998.

www.bei.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.