PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITY, MARKET VALUE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PROPERTY YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2012-2014

Nuraeni , Elfreda Aplonia Lau Rina Masyithoh Haryadi

Abstract


NURAENI, 2016. Pengaruh Leverage, Profitability, Market Value dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Property yang terdaftar di BEI Tahun 2012-2014 dibawah bimbingan Ibu Elfreda Aplonia Lau selaku dosen pembimbing I dan Ibu Rina Masyithoh Haryadi selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, profitability, market value dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan property selama tahun 2012-2014 secara parsial dan simultan. Sampel dalam penelitian ini adalah 17 emiten perusahaan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2014. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel leverage berhubungan negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan property yang terdaftar di BEI tahun 2012-2014. Sementara itu, variabel profitability secara parsial berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan property yang terdaftar di BEI tahun 2012-2014, sedangkan variabel market value dan ukuran perusahaan secara parsial berhubungan positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan property yang terdaftar di BEI tahun 2012-2014. Secara simultan variabel leverage, profitability, market value dan ukuran perusahaan berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan property yang terdaftar di BEI tahun 2012-2014. Koefisien determinasi menunjukan nilai sebesar 0,209 berarti bahwa variabel dependen (nilai perusahaan) dapat dijelaskan oleh 4 variabel independen (leverage, profitability, market value dan ukuran perusahaan) dengan nilai 20,9%. Sedangkan sisanya sebesar 79,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian

Keywords


Leverage, Profitability, Market Value, Ukuran Perusahaan dan Nilai Perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Anonim, Ikatan Akuntansi Indonesia. 2012. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta.

Baridwan, Zaki. 2008. Akuntansi intermediate, edisi 8. Yogyakarta: BPFE.

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Analisis Kritis Laporan Keuangan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

. 2011. Teori akuntansi Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Kasmir. 2013. Analisis Laporn Keuangan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Maryam, Sitti. 2014. Analisis Pengaruh Firm Size, Growth, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Nasution, Riska. 2013. Pengaruh Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS) dan Return On Equity (ROE) terhadap Price To Book Value (PBV) pada perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2009-2012. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang.

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori Dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sulaiman, Wahid. 2004. Analisis Regresi Menggunakan SPSS Contoh Kasus Dan Pemecahannya. Yogyakarta: ANDI.

Sutrisno. 2013. Manajemen Keuangan Teori, Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Ekonosia.

Ulya, Himatul. 2014. Analisis Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2009-2012. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro.

http://www.idx.c


Refbacks

  • There are currently no refbacks.