PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA PT. MARGAJASA PERKASA KUTIM D I S A N G A T T A

Zainuddi - -

Abstract


Modal kerja selalu dibutuhkan dan akan selalu berputar didalam perusahaan atau badan usaha. Pengeluaran-pengeluaran yang dipergunakan untuk melakukan pembelian, pembayaran upah/gaji karyawan, biaya operasional dan sebagainya akan kembali lagi menjadi kas sebagai hasil dari penjualan dan perolehan lainnya.

Permasalahan dari penelitian ini adalah: “ Apakah penggunaan modal kerja sudah efisien? “ Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan penggunaan modal kerja pada PT. Margajasa Perkasa Kutim di Sangatta; dan 2) Menghitung efesiensi/tidaknya penggunaan modal kerja pada PT. Margajasa Perkasa Kutim di Sangatta.

Dasar teori, yang digunakan adalah manajemen keuangan yang memfokuskan pada modal kerja. Hipotesis ditolak, jika modal kerja yang dibutuhkan lebih besar dari modal kerja yang tersedia. Sebaliknya hipotesis diterima, jika modal kerja yang dibutuhkan lebih kecil atau dengan modal kerja yang tersedia. Alat analisis dan pengujian hipotesis adalah; 1) Perputaran modal kerja. 2) Perputaran piutang. 3) Perputaran kas.

Hasil penelitian yang diperoleh selama periode buku 2014 modal kerja dengan jumlah lama perputaran sebesar 112,879 hari, dan pada tahun 2015 hasil laba perputaran modal 614,32 hari. Sehingga penggunaan modal kerja tidak efesien disebabkan modal yang dikeluarkan masih jauh lebih besar dibanding dengan laba yang diperoleh. Aktiva tetap yang relatif tetap menguatkan data bahwa pemilik usaha selama periode 2014-2015 tidak mampu meningkatkan asset karena tidak memiliki laba yang cukup untuk miningkatkan pendapatan riil dan mendorong penambahan asset.

Keywords


Modal Kerja

Full Text:

PDF

References


Agus, R. Sartono, 2008, Manajemen Keuangan, Edisi Keempat, BPFE-UGM,Yogyakarta.

Kasmir, 2008, Analisis Laporan Keuangan, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Munawir, S, 2007 Analisa Laporan Keuangan, Edisi Ketiga, LIBERTY, Yogyakarta.

Riyanto, Bambang, 2001, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edidi Keempat, Cetakan Ke Tujuh, BPFE UGM, Yogyakarta

Sadeli, Lili, M, 2006, Dasar-dasar Akuntansi, Cetakan ketiga, Bumi Aksara Jakarta

Soemita R, 2001 Manajemen Keuangan, Sinar Baru, Bandung.

Suprihanto, Jhon, 2003. Manajemen Modal Kerja, Teori Dan Penerapan. Cetakan Pertama. Edisi Pertama, BPFE, Universitas Gajah Mada, Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta

Tunggal, Amin Wijaya, 2000, Dasar-dasar analisis laporan keuangan. Rieneka cipta, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.