ANALISIS KREDIT MACET PADA CREDIT UNION DAYA LESTARI DI BARONG TONGKOK KUTAI BARAT

Tresiana - -

Abstract


CUDL dirasakan sangat membantu masyarakat dalam memperoleh pendanaan untuk modal usaha mikro Masyarakat terutama yang berada di daerah pedesaan belum semuanya mendapatkan akses ke lembaga keuangan seperti perbankan. Hal itu dikarenakan masih banyak daerah di Kalimantan Timur yang masih belum berkembang sehingga belum tersedia layanan untuk memperoleh dana dari lembaga keuangan yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk membantu mereka dalam memperoleh modal. Permasalahan yang diteliti adalah Apakah kredit macet pada Credit Union Daya Lestari yang diukur dengan menggunakan perhitungan Ratio Non Performing Loan dan Loan to Deposit Ratio mengalami kenaikan atau penurunan pada tahun 2013,2014, dan pada tahun 2015.

Tujuan penelitian untuk mengetahui kredit macet pada Credit Union Daya Lestari yang diukur dengan Non Performing Loan dan Loan to Deposit Ratio apakah mengalami kenaikan atau penurunan  pada tahun 2014 sampai dengan tahun 2015.

Maka hasil penelitian Credit Union Daya Lestari (CUDL) di Kalimantan Timur Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat untuk NPL pada tahun 2015 mengalami penurunan dibandingkan tahun 2013 dan tahun 2014 sedangkan untuk LDR mengalami kenaikan dikarenakan simpanan anggota CUDL bertambah dan sudah sesuai dengan kebijakan peraturan Bank Indonesia No 17/11/PBI/2015 tanggal 25 Juni 2015 yaitu batas nilai LDR adalah sampai dengan 92%.

Berdasarkan tingkat NPL yang sehat menurut Peraturan Bank Indonesia No 17/11/PBI/2015 tanggal 25 Juni 2015 adalah yang kurang dari angka 5%. Karena apabila tingkat NPL Credit Union Daya Lestari tinggi maka akan menyebabkan laba menurun dan deviden atau keuntungan yang dibagikan akan semakin sedikit sehingga pertumbuhan tingkat saham pada CUDL akan mengalami kendala dan penurunan, maka hipoteis dapat diterima.

Keywords


Kredit, NPL, LDR

Full Text:

PDF

References


Suyatno. Thomas, 2007. Dasar-Dasar Perkreditan, Edisi Keempat, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Siagian, Sondang P, 2004. Audit Manajemen, Cetakan Keempat, PT. Bumi Aksara, Indonesia.

Keown, Arthurj, 2008. Manajemen Keuangan, Jilid Satu, Edisi Kesepuluh, PT Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.