PENGARUH PROMOSI DAN BRAND TERHADAP PEMBELIAN PRODUK SHAMPO PANTENE DI KOTA SAMARINDA ILIR

Julian Bevin -

Abstract


Persaingan global pada saat sekarang ini menuntut perusahaan untuk saling bersaing dalam memasarkan dan menjual produknya. Perusahaan harus menggunakan strategi yang tepat untuk mempertahankan produknya agar tetap dikonsumsi oleh konsumen secara terus menerus. Oleh karena itu arti sebuah promosi dan brand (merek) menjadi sangat penting.Pantene adalah merek shampo yang sudah di percaya  oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Di Kalimantan Timur khususnya di kota Samarinda  shampo ini pun sangat diminati dan sudah memiki awerness yang kuat di benak konsumen. Keberhasilan Pantene menarik pelanggan diduga tidak lepas dari kegiatan promosi dan brand equity (ekuitas merek) yang dimiliki Pantene. Promosi selalu memainkan peran penting dalam mengembangkan brand equity (ekuitas merek). Adanya promosi atau iklan yang disajikan media dapat membuat pemirsa iklan mengenal dan mengetahui keberadaan suatu merek produk/jasa tersebut. Brand equity dapat menguatkan program atau memikat para konsumen baru atau merangkul kembali konsumen lama.Semua Permasalahan yang ada di dalam ini adalah sebagai berikut : 1)Apakah promosi dan faktor - faktor brand equity yang terdiri dari brand awerness, perceived quality, brand association, dan brand loyalty secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam memilih produk shampo “ Pantene “ di Kecamatan Samarinda Ilir?. 2)Faktor – faktor manakah dari promosi, brand awerness, perceived quality, brand association, dan brand loyalty, yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam memilih produk shampo “ Pantene “  di  Kecamatan Samarinda Ilir?Dasar teori dari penelitian ini adalah “Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan eksekusi, mulai dari tahap konsepsi, penetapan harga promosi, hingga distribusi barang-barang ide-ide dan jasa, untuk melakukan pertukaran yang memuaskan individu dan lembaga-lembaganya.Brand Equity adalah nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa. Promosi adalah sejenis komunikasi yang memberi penjelasan dan meyakinkan calon konsumen mengenai barang dan jasa dengan tujuan untuk memperoleh perhatian, mendidik, mengingatkan dan meyakinkan calon konsumen.

Alat analisis yang digunakan untuk menganalisispromosi dan brand equity adalah dengan menggunakan kuisioner dan metode regresi linier berganda serta menggunakan program komputerisasi SPSS.

Hasil analisis menyebutkan semakin tinggi profitabilitas berarti semakin baik, karena kemakmuran pemilik perusahaan meningkat dengan semakin tingginya profitabilitas.


Keywords


Promosi, Brand Equity

Full Text:

PDF

References


Baridwan Zaki, 2004, Intermediate Accounting, Edisi Ke-8, Bpfe Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Copelan, & Weston, 2002,Manajemen Keuangan, Jilid 1, Alih bahasa Jaka Wasana, Kirbrandoko, Cetakan ketujuh, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Husna, Suad & Enny Pudjiastuti, 2006, Dasar – Dasar Manajemen Keuangan, Cetakan Ke-5, Yogyakarta, UPP STIM YKPN.

Govindaran, & Anthony, 2002,Manajemen Control System, Edisi 11, Penerjemah : FX. Kurniawan Tjakrawala dan Krisna, Penerbit Salemba Empat, Buku 2, Jakarta.

Hanafi, M. Mahmud, 2003, Manajemen Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Kedua, Penerbit : BPFE, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Harahap, 2007, Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Houston, & Brigham, 2011, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi kesepuluh, Jakarta : Salemba Empat.

Husnan, 2002. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan, Yogyakarta : BPEE

Jumingan, 2008, Analisis Laporan Keuangan, Bumi Aksara, Jakarta.

Kasmir, 2008, Analisis Laporan Keuangan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Munawir, 2007, Analisa Laporan Keuangan, Edisi Ketujuh. Yogyakarta : Liberty.

Martono, & Agus Harjito, 2008. Manajemen Keuangan. Cetakan Keempat. Jakarta : Graha Pustaka.

M.Reeve James, S.Warren Carl, E.Duchac Jonathan, Ersa Tri Wahyuni, Gatot Soepriyanto, Amir Abadi Jusuf, Chaerul D.Djakman .Pengantar Akuntansi-Adaptasi Indonesia (Principles Of Accounting – Indonesia Adaptation) – Jakarta : Salemba Empat, Buku I, 2009

Nurhayati, Mafizatun 2013. Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan Sektor Non Jasa, Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol.5 No.2

Riyanto, 2007, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat, Penerbit : BPFE, Yogyakarta

Santoso, Imam, 2007, Akuntansi Keuangan Menengah (Intermedit Accounting), PT. Refika Aditama, Jakarta

Sartono, 2008, Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, BPFE : Yogyakarta : Yogyakarta.

Simamora, Hendry, 2006, Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis, Jilid II, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Stoner, James. A. F, 2006, Manajemen, Jilid I Erlangga, Jakarta

Sutrisno, 2007. Dasar-Dasar Ilmu Manajemen Keuangan, Yogyakarta : Yayasan Penerbit Gajah Mada.

Tambunan, 2008, Perekonomian Indonesia Teor Dan Temuan Empiris, Ghalia Indonesia, Jakarta

Tampubolon, Manahan. P, 2005, Manajemen Operasional, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.