ANALISIS PERBANDINGAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB P2) SEBELUM DAN SESUDAH UU NOMOR 28 TAHUN 2009 TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SAMARINDA

Eka Kumalasari -

Abstract


Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan Pajak Bumi Dan Bangunan (PBBP2)  Sebelum Dan Sesudah UU Nomor 28 Tahun 2009 Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Samarinda. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbitnya Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Pemerintah Pusat mengalihkan kewenangan pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perdesaan dan Perkotaan kepada Pemerintah Daerah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hipotesis “Diterima” hal ini dikarenakan Kontribusi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan dari tahun ketahun pertumbuhannya mengalami peningkatan dan berkontribusi secara “Sangat Baik” terhadap Pendapatan Asli Kota Samarinda. Sementara itu tingkat Efektivitas Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Sebelum dan Sesudah Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2009 termasuk dalam kriteria “Lebih Efektif”

Keywords


Pajak, Pajak Bumi dan Bangunan, PAD

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2004 Undang-Undang Republik Indonesia No.33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Undang-Undang Republik Indonesia No.28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Undang-Undang Republik Indonesia No.16 Tahun 2011 tentang Pajak Bumi dan Bangunan.

Anggara, Yulia, 2010, ”Analisis Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan terhadap Pendapatan Daerah di Kota Bandung”, Jurnal Wacana Kinerja, Vol 13, Nomor 2, hal 173-185, Jawa Barat.

Koentarto, Ilham, 2011,”Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan”, Jurnal Socioscientia Halim, Abdul.2001. Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta :

UPP AMP YKPN.

Mardiasmo, 2011, perpajakan edisi revisi, Andi, Yogyakarta

Nuranifah et al.,2009”Hubungan Kinerja Aparat dengan Peningkatan Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan”, Jurnal Ekonomi, Luwu Utara

Soemitro,Rochmat, dan Zainal Muttaqin, 2001, Pajak Bumi Dan Bangunan, Refika Aditama, Bandung

Waluyo,2009”Perpajakan Indonesia”. Buku 2, edisi 8. Salemba Empat, Jakarta.

www.pajak.go.id.tentang pengalihan Pajak


Refbacks

  • There are currently no refbacks.