ANALISIS EFEKTIVITAS SEGMENTASI PASAR GEOGRAFIS TERHADAP VOLUME PENJUALAN HANDPHONE PADA PT. SAMSUNG ELECTRONICS INDONESIA CABANG SAMARINDA

Zainul Mu’Arifin -

Abstract


Penelitian ini bertujuan diantaranya untuk mengetahui penerapan analisis efektivitas segmentasi pasar berdasarkan geografis yang berlaku saat ini dan untuk mengetahui wilayah mana yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan handphone.

Rumusan masalah peneitian ini "Apakah kebijakan efektvitas segmentasi pasar berdsarkan geografis di kota Samarinda, Tenggarong dan Bontang dapat berpengaruh terhadap Volume penjualan". Alat analisis yang digunakan adalah dengan metode Deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, regresi sederhana, korelasi linier dan analisis marketshare. Hasil analisis, peningkatan volume penjualan setelah terjadi penerapan sistem pemasaran dengan menganalisis segmentasi pasar secara efektif, rata – rata peningkatan penjualan handphone selama 5 (lima) tahun terakhir adalah 1.901 Unit.

Hasil perhitungan persamaan terlihat peningkatan volume penjualan sebesar 28,255. Sedangkan untuk keeratan antara handphone samsung digunakan analisis korelasi r 0,83 artinya adanya hubungan yang positif dan sangat erat dengan korelasi antara efektivitas segmentasi pasar geografis dengan volume penjualan handphone samsung. Pengaruh tersebut sebesar 83% sedangkan 17% di tentukan oleh faktor lain dari variabel penelitian ini, maka hipotesis diterima.

Analisis Marketshare yang diterapkan terlihat peningkatan pangsa pasar pada wilayah Samarinda dan Bontang, kecuali Tenggarong yang mengalami penurunan pangsa pasar. Sedangkan yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan handphone PT. Samsung Electronics Indonesia yaitu wilayah Bontang dengan nilai rata –rata peningkatan sebesar 18,28%. Berdasarkan analisis efektivitas segmentasi pasar berdasarkan letak geografis merupakan langkah yang menguntungkan bagi kelangsungan hidup perusahaan saat ini sehingga mendongkrak volume penjualan produk Samsung untuk zona wilayah Samarinda, Tenggarong dan Bontang.

Keywords


Efektivitas, Segmentasi Pasar, Volume Penjualan

Full Text:

PDF

References


Adusaputro, Gunawan & Asri, Marwan. Anggaran Perusahaan. Buku Satu, Edisi 2003 / 2004, Yogyakarta : BPFE. 2003

Assauri, Sofyan, Manajemen Pemasaran Dasar Konsep, dan Strategi, Cetakan Ketujuh, Jakarta : Raja Grafindo. 2004.

Fandy Tjiptono, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta, Bumi Aksara. 2003.

Freddy Rangkuti, Measuring Customer Satisfaction : Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta : PT. Gramedia. 2009.

Gitosudarmono, Indriyo. Manajemen Pemasaran. Edisi II, BPFE, 2000.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jakarta, Edisi Keenam, Erlangga. 2002.

......................,Manajemen pemasaran. Jakarta, Edisi Keenam, Erlangga. 2007

Stoner, James AF, Manajemen Engelwod Cliffs, NJ. Prentice Hall. Inc

Sugiyono, Metode Penelitian dan Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta. 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.