ANALISIS KEBIJAKAN DIVIDEN PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI SUB SEKTOR TEKSTIL DAN GARMEN TAHUN 2012-2014

Halimatussa’diyah - -

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh ROA, Ukuran Perusahaan (SIZE) dan DER terhadap Kebijakan Dividen perusahaan yang terdaftar di BEI sub sektor tekstil dan garmen tahun 2012 – 2014.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dimana teknik pengambilan sampel bedasarkan karakteristik tertentu yang memiliki sangkut paut dengan populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Dari 19 perusahaan yang terdaftar di sektor ini selama periode penelitan, didapatkan 16 sample yang sesuai dengan kriteria sample yang dibutuhkan Sebelum menggunakan uji regresi Logistik Logistic (Biner). Pengujian hipotesis menggunakan Uji Parsial (Uji t).

Dari hasil analisis menunjukkan bahwa variabel return on asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan pembayaran deviden. Hal ini menunjukkan bahwa dengan meningkatnya ROA pada perusahaan akan meningkatkan pula tingkat probabilitas perusahaan dalam pembayaran deviden. Variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kebijakan pembayaran deviden. Hal ini menjelaskan bahwa besarnya ukuran perusahaan tidak dapat menentukkan kebijakan pembayaran deviden yang kemungkinan disebabkan oleh keadaan perekonomian yang belum begitu stabil, sehingga pengelolaan dana yang dilakukan perusahaan hanya berfokus pada pertumbuhan perusahaan. sedangkan untuk variabel  debt to equity ratio  berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kebijakan pembayaran deviden. Hal ini berarti menandakan semakin meningkatnya DER pada perusahaan akan mempengaruhi tingkat pendapatan perusahaan dan akan menurunkan jumlah pembayaran deviden pada perusahaan tersebut.

Keywords


Kebijakan Deviden, Return On Asset (ROA), Ukuran Perusahaan, Debt to Equity Ratio (DER)

Full Text:

PDF

References


Nursandari, Meilina. 2015. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Deviden Dengan Size (Ukuran Perusahaan) Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Skripsi S1. Universitas Negeri. Yogyakarta.

Harmono. 2014. Manajemen Keuangan. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT.BumiAksara.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT.RajagrafindoPersada.

Ramadani, Andi Arista. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Deviden Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi S1. Unmul Samarinda.

Palino, Novianty. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Deviden Tunai Pada Perusahaan ManufakturYang Terdaftar di BEI. Skripsi S1. Universitas Hasanuddin. Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.