PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI HANDPHONE DI TOKO SURYA PHONE DAN RADJA PONSEL DI SAMARINDA

Tiara Retno Palupi

Abstract


Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Membeli Handphone Di Toko Surya Phone Dan Radja Ponsel Di Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk (product), harga (price), tempat/saluran distribusi (place), promosi (promotion), orang/karyawan (people), dan proses (process) terhadap keputusan pembelian handphone pada toko Surya Phone baik secara parsial maupun serentak.

Populasi dari penelitian ini adalah semua orang yang berbelanja handphone atau aksesoris handphone di toko Surya Phone dan Radja Ponsel dan penentuan jumlah sampel sebanyak 98 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan alat bantuan statistik SPSS 23. Kemudian untuk pengujiannya digunakan uji t dan uji F.

Dari Uji thitung pada toko Surya phone diketahui bahwa H3, H4 danH7 diterima. Pada toko Surya Phone variabel yang paling dominan adalah variabel Promosi dan pada toko Radja ponsel variabel yang paling dominan adalah variabel Proses.

Saran bagi toko Surya Phone agar terus meningkatkan produk, memperhatikan harga yang diberikan oleh pihak toko, meningkatkan kualitas karyawan dan proses/cara pembelian agar konsumen merasa lebih nyaman untuk berbelanja dan meningkatkan kualitas karyawan agar konsumen nyaman untuk berbelanja pada toko Surya Phone.

Pada toko Radja Ponsel agar meningkatkan produk yang di jual, harga yang diberikan oleh pihak toko, meningkatkan kualitas karyawan agar konsumen lebih nyaman untuk berbelanja pada toko Radja ponsel.

Keywords


Produk, Harga, Tempat, Promosi, People, Process, Keputusan, Pembelian

Full Text:

PDF

References


A.D Selang. Christian, 2013. “Jurnal Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen : Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado”. Vol 1, No 3.

Kotler, Philip, 2005, Manajemen Pemasaran, Jilid Satu, Edisi Kesebelas, PT INDEKS Kelompok Gramedia

Lupiyoadi Rambat, dan A. Hamdani, 2008, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat Jakarta.

M. Lumbantobing, 2008. “Jurnal Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen USU : Pengaruh Prrestise, Persaingan Dan Bauran Pemasarab 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Fountain Ice Cream Cafe Plaza Medan Fair”.

Okta Ade Putra, Hafrizal. 2012. “Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan : Pengaruh Bauran Pemsaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Prabayar XL Di Kota Padang”. Vol 3, No1.

Ronald Wowor Valdy. 2013. “Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen : Bauran Pemasaran Jasa, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Toyota Avanza Veloz PT. Hasjrat Abadi Manado”. Vol 1, no 4.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen, C.V Andi Offset

Tjiptono Fandy, 2007, Pemasaran Jasa, Bayumedia Malang

V. Wiratna Sujarweni, 2014, Metodologi Penelitian, PUSTAKABARUPRESS


Refbacks

  • There are currently no refbacks.