HUMAN ERROR DALAM PROSES PICKING DAN SHIPPING WAREHOUSE MANAGEMENT DI PT CIPTA KRIDA BAHARI SAMARINDA

Saddam Syam -

Abstract


Latar belakang masalah adalah banyaknya kesalahan yang disebabkan oleh aktifitas kerja karyawan divisi picking dan shipping yang menyebabkan kerugian pada perusahaan. Kesalahan – kesalahan yang disebabkan oleh manusia ini disebut human error dalam perusahaan. Adapun faktor – faktor yang menyebabkan human error adalah faktor situasional dan faktor individual yang mana masing – masing faktor memiliki indikator yang berkorelasi. Rumusan masalah adalah mengetahui apakah faktor situasional dan individual berpengaruh signifikan terhadap human error. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor situasional dan individual serta memberikan solusi agar dapat meminimalisir terjadinya kesalahan di perusahaan yang menyebabkan discrepancy akhir tahun.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan untuk meneliti di perusahaan PT Cipta Krida Bahari. Subjek penelitian adalah semua karyawan yang bekerja di perusahaan dengan objek penelitian human error dalam proses picking dan shipping warehouse management PT Cipta Krida Bahari. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan kuisioner.

Kesimpulan berdasarkan hasil analisis data kuisioner yang telah disebarkan sebagai acuan untuk menentukan seberapa besar pengaruh faktor situasional dan individual terhadap human error. Pengaruh faktor situasional dan individual terhadap human error sebesar 53,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor –faktor lainnya.

Keywords


Human Error, Picking dan Shipping

Full Text:

PDF

References


Griffin. 2000. Management. Edisi kedua, Erlangga. Jakarta.

Handoko T, Hani. 2003. Manajemen. BPFE. Yogyakarta.

Jay Heizer dan Barry Render. 2005. Operations Management. Edisi ke Tujuh, Salemba Empat. Jakarta.

Meokijat. 2000. Manajemen Operasional. cetakan keempat, Jakarta.

Yamit Zulian. 2005. Manajemen Persediaan. Edisi Pertama. Cetakan Ketiga. Ekonisia. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.