ANALISIS KELAYAKAN KREDIT DITINJAU DARI ASPEK KEUANGAN PADA PT. BANK MUAMALLAT INDONESIA TBK

Primanita Fransiska -

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Current Ratio, Quick Ratio, Dbet To Total Assets Ratio, Total Asset Turnover, Leverage Ratio diwakili oleh i dan Profitabilitas diwakili oleh Net Profit Margin, rasio – rasio. Populasi penelitian ini adalah debitur yang mengajukan permohonan kredit dan disetujui oleh pihak bank selama tahun 2009 s/d 2014.

Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dimana sampel dalam penelitian ini ada sebanya k22 debitur. Penelitian ini  menggunakan model regresi sederhana dan regresi berganda sebagai model analisis.   Penelitian ini menggunakan  analisis  regresi  linear berganda untuk pengujian statistiknya dengan melakukan ujia sumsi klasik terlebih dahulu.

Hasil Penelitian ini mengindikasikan bahwa  Current Ratio, Quick Ratio, Debt To Total Asset Ratio, Total Asset Turnover dan Net Profit  Margin berpengaruh secara simultan terhadap permohonan kredit. Secara parsial hasil penelitian mengindikasikan bahwa hanya Total Asset Turnover dan Net Profit Margin yang berpengaruh terhadap penyaluran kredit, sedangkan Current Ratio, Quick Ratio, Debt To Total Asset Ratio tidak berpengaruh signifikan terhaadap permohonan Kredit

Keywords


Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Profitabilitas, dan Permohonan Kredit

Full Text:

PDF

References


Anonim Undang-Undang No. 10 Tahun 1998, Tentang Perbankan, Bank Indonesia, Jakarta.

Amin,Riawan A, 2002. Dasar – Dasar Manajemen Bank Syariah, Edisi

Pertama, Cetakan Pertama, Alvabet-Anggota IKAPI. Jakarta

Efendi,Lutfi 2009’’ Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Nasabah Pada B ank Muamallat Malang, Universitas Islam Negeri ( UIN) Malang

Firdaus dan Ariyanti. 2009. Manajemen Perkreditan Bank Umum : Teori Masalah,kebijakandan aplikasi lengkap dengan Analisis Kredit. Bandung: Alfabeta

Kasmir, 2014. Manajemen Perbankan, Edisi Kedua belas, Cetakan Pertama, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Machmud,Amir. Rukmana,2010 Teori,Kebijakan, dan studi Empiris di IndonesiaJogiyanto, 2004. PT.Gelora Aksara Pratama,Jakarta.

Maryati,Statistik Ekonomi dan Bisnis Plus 2001, Penerbit UPP AMP YKPN

Purnama Sari, Indah, 2012. “Peranan Analisi Laporan Keuangan Dalam Mempertimbangkan Pernohonan Kredit Pada PT. Bank Rakyat Indonesia cabang Medan Iskandar Muda.

Simamora, Herbeth Sastro,2006. “ Analisis Kinerja Laporan Keuangan Perusahaan untuk Keputusan Dalam Pemberian Kredit Modal Kerja,Universitas Gunadarma.

Suyatno,Thomas dkk. 2002 Dasar- Dasar Perkreditan,Edisi Keempat,Penerbit PT. Pustaka Utama Jakarta.

Santoso, Ruddy Tri,2002. “Kredit Usaha Perbankan” cetakan pertama,Andi,Yogyakarta.

Santoso,Purbayu Budi dan Muliawan Hamdani,2009 Statistika Deskriptif Dalam Bidang Ekonomi Dan Niaga, Penerbit PT. Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.