PENGARUH ROTASI JABATAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DINAS PENDAPATAN KABUPATEN KUTAI TIMUR

Mohammad Jain -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh rotasi jabatan terhadap produktivitas kerja pegawai di Dinas Pendapatan  Kabupaten Kutai Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan alat analisis  korelasional. Teknik pengumpulan data mengunakan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan.

       Setelah melakukan analisis data dengan menggunakan rumus korelasi product moment maka nilai akhir yang diperoleh dari rhitung0,937, jika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi berada di  0,800-0,999 dengan kategori sangat kuat, dengan  sumbangsih atau kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 87,79 %. Untuk menguji hipotesis selanjutnya menghitung nilai uji t, nilai uji t diperoleh thitung  sebesar 23,29, sedangkan nilai ttabel 0,344. Dengan ketentuan jika thitung ≥ ttabel   maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Karena nilai thitung  ≥ ttabel  atau 23,29 ≥ 0,344 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang positif antara rotasi jabatan terhadap produktivitas kerja, yaitu hipotesis alternatif (Ha).

       Bedasarkan hasil perhitungan di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara rotasi jabatan terhadap produktivitas kerja dengan sumbansih atau kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 87,79%. Kemudian setelah  melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji t maka hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh  positif dan signifikan antara rotasi jabatan terhadap produktivitas kerja pegawai di Dinas Pendapatan Kabupaten Kutai Timur, yaitu hipotesis alternatif (Ha).

Keywords


Rotasi, Produktivitas

Full Text:

PDF

References


Flippo, Edwin B. 2002. Personel Management (Manajemen Personalia), Edisi VII Jilid II. Terjemah Alponso S. Jakarta: Erlangga

Hariandja, Marihot Tua Effendi. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Jakarta: Grasindo

Hasibuan, Malayu S.P. 2003. Manajemen Personalia. Jakarta : Bumi Aksara

Sastrohadiwiryo, Siswanto, 2008. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: CAPS

Syadam, Gouzali. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Toko Buku Gunung Agung

Umar, Husein. 2005. Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Wahyudi, Bambang. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Cetakan Ketiga. Bandung: Sulita


Refbacks

  • There are currently no refbacks.