Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Dividen Payout Ratio Pada Perusahaan LQ 45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 - 2016

MUHAMMAD ROBI SANTURI

Abstract


Perusahaan ingin melakukan investasi saham yang bertujuan untuk memperoleh modal usaha yang akan digunakan untuk kegiatan operasi perusahaan. Perusahaan selalu berusaha untuk memaksimalkan nilai sahamnya agar banyak investor yang tertarik menanamkan modalnya untuk perusahaan dengan cara dapat diukur berdasarkan dividen.

Penentuan pembayaran dividen salah satunya didasarkan pada kinerja perusahaan dan bisa dilihat dari laporan keuangannya yang menunjukkan informasi mengenai keadaan suatu perusahaan yang bisa dijadikan sumber informasi bagi pengambilan keputusan.

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kinerja Keuangan pada perusahaan LQ 45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Dividen Payout Ratio periode tahun 2014-2016.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Dari 45 perusahaan yang terdaftar di indeks LQ 45 selama periode penelitan, didapatkan 39 sample yang sesuai dengan kriteria sample yang dibutuhkan sehingga jumlah data yang dianalisis berjumlah 117 observasi. Sebelum menggunakan uji regresi linear berganda terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan Uji t dengan bantuan program spss 20.00 for windows.

Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa variabel Leverage, Liquiditas, Profitabilitas, dan PER (Price Earning Ratio) berpengaruh signifikan. Secara parsial menunjukan bahwa variable Leverage berpengaruh signifikan terhadap Dividen Payout Ratio, Liquiditas berpengaruh tidak signifikan terhadap Dividen Payout Ratio, variabel Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Dividen Payout Ratio, Dan variabel PER (Price Earning Ratio) berpengaruh tidak signifikan terhadap Dividen Payout Ratio.


Keywords


Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, PER (Price Earning Ratio), Dividen Payout Ratio

Full Text:

PDF

References


Anil, Kanwal and Sujata Kapoor. 2008. “Determinants of Dividend Payout Ratios-A Study of Indian Information Technology Sector”. International Research Journal of Finance and Economics. India.

Brigham dan Houston. 2007. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Darmadji, Tjiptono dan Hendy M. Fakhruddin. 2007. Pasar Modal Di Indonesia Pendekatan Tanya Jawab Edisi Dua. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 70


Refbacks

  • There are currently no refbacks.