ANALISIS TINGKAT KESEHATAN KSP KOPEBI BERDASARKAN PERMEN.KUKM/NO.14/PER/M.KUKM/XII/2009 DI KOTA SAMARINDA (2013–2015)

Moh. Abdul Aziz

Abstract


Perkembangan dunia dewasa ini terasa begitu cepat khususnya dalam bidang ekonomi perubahan tersebut sangat terasa sebagai dampak dari globalisasi ekonomi, salah satunya adalah Koperasi Pegawai Bank Indonesia (KOPEBI) selaku pelaku ekonomi yang juga harus menghadapi tantangan persaingan ekonomi global. Oleh karena itu koperasi perlu adanya Penilaian Kesehatan Koperasi agar kondisi koperasi dapat di kontrol dengan baik, dilihat dari latar belakang KSP Kopebi terjadi bahwa antara pinjaman dengan banyaknya anggota terdapat adanya ketidaksesuaiaan, sedangkan dilihat dari segi pelayanan dan permodalan KSP Kopebi sudah berjalan dengan baik, akan tetapi untuk pembagian SHU sering terjadinya keterlambatan. Tujuan dari pada penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan KSP Kopebi guna untuk perkembangan KSP Kopebi selanjutnya.

Penelitiaan pada skripsi ini mengacu pada penilaian tingkat kesehatan koperasi berdasarkan permen no.14/per/M.KUKM/XII/2009 dilihat dari ketujuh aspek yaitu aspek permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, efisiensi, likuiditas, kemandirian dan pertumbuhan, jatidiri koperasi dengan menggunakan data laporan keuangan pada KSP kopebi pada tahun 2013 sampai dengan tahun 2015. Dari ketujuh Aspek penilaian kesehatan koperasi pada tahun 2013 berada pada skor 68,25 yaitu berada pada kondisi cukup sehat, pada tahun 2014 berada pada skor 69,50 yaitu berada pada kondisi cukup sehat, pada tahun 2015 berada pada skor 68,90 yaitu berada pada kondisi cukup sehat, sedangkan untuk rerata nilai kesehatan kopebi berada pada skor 68,88 yaitu berada pada kondisi cukup sehat.

 


Keywords


Jatidiri Koperasi, Penilaian Tingkat Kesehatan, Koperasi Simpan Pinjam

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2012. Undang-undang Republik Indonesia No.17 tentang Perkoperasian. https://sumut.kemenag.go.id. Diakses tanggal 27 Desember 2016.

Hendar, 2010. Manajemen Perusahaan Koperasi. Semarang : Erlangga.

Muljono, Djoko. 2012. Buku Pintar Strategi Bisnis Koperasi Simpan Pinjam, Katalog dalam Terbitan (KDT). Jogyakarta : Andi Offset.

Peraturan Mentri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI nomor 14/Per/M.KUKM/XII/2009 tentang Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi. http://indagkop.kaltimprov.go.id Diakses tanggal 27 Desember 20016.

Ropke, Jochen. 2012. Ekonomi koperasi: Teori dan Manajemen. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Soesilo, Iskandar. 2010. Dinamika Gerakan Koperasi Indonesia Kerjasama Dewan Koperasi Indonesia( Dekopin). Jakarta Selatan : Rmbooks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.