TINGKAT PERPUTARAN PIUTANG DAN RENTABILITAS PADA PT. MAHAKAM BERLIAN SAMJAYA

Meliyanti Meliyanti -

Abstract


Perputaran piutang  usaha akan menentukan besar kecilnya keuntungan yang diperoleh perusahaan. Semakin tinggi tingkat perputaran piutang maka semakin tinggi pula tingkat rentabilitasnya.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk  menganalisis pengaruh tingkat perputaran piutang dan rentabilitas pada PT. Mahakam Berlian Samjaya dan pengaruh pengembalian  modal terhadap perputaran piutang. Alat analisis yang digunakan adalah Perputaran Piutang dan Rentabilitas.

            Hubungan antara tingkat perputaran piutang dan rentabilitas yaitu perputaran piutang  merupakan rasio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam menggunakan dana untuk melakukan perputaran modal. Semakin cepat perputaran piutang maka modal dapat digunakan secara efisien. Sedangkan rentabilitas adalah rasio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan.Hubungan tingkat perputaran piutang dengan rentabilitas yaitu meningkatnya perputaran piutang  yang menyebabkan meningkatnya rentabilitas pada PT. Mahakam Berlian Samjaya.

            Berdasarkan hasil analisis perputaran piutang menunjukkan bahwa pada tahun  2011 perputaran piutang terjadi sebanyak 10 kali, tahun 2012 sebanyak 8 kali, tahun 2013 sebanyak 6 kali, dan pada tahun 2014 sebanyak 5 kali.Hal ini menunjukan bahwa banyaknya piutang tak tertagih.

            Sedangkan hasil analisis rentabilitas pada return on equity (ROE) pada tahun 2011 sebesar 25%, tahun 2012 sebesar 19%, tahun 2013 sebesar 17% dan pada tahun 2014 sebesar 18%. Hal ini terlihat bahwa terjadinya keterlambatan dalam pengembalian modal yang membuat perputaran piutang menurun.

 


Keywords


Receivable Turn Over dan Rentabilitas

Full Text:

PDF

References


Bambang, Hariadi. 2002. Akuntansi Manajemen Suatu Sudut Pandang. Edisi Pertama,BPFE, Yogyakarta.

M. Munandar. 2006. Pokok – Pokok Intermadiate Accounting. Gadjah Mada University Press : Yogyakarta

Sutrisno, 2003, Manajemen Keuangan, Edisi Pertama , Cetakan Kedua, EKONISIA, Yogyakarta

Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Revisi 2008. Jakarta : PT. RAJAGRAFINDO PERSADA

Munawir, S. 2000, Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Liberty Yogyakarta

Munawir, S. 2010. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta : Liberty

Muhammad Muslich. 2003. “Manajemen Keuangan Modern ( Analisis Perencanaan dan Kebijaksanaan)”.Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Bumi Aksara Ester Thersia O.S :


Refbacks

  • There are currently no refbacks.