ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PT. ADARO ENERGY TBK. DAN PT. TOBA BARA SEJAHTRA TBK. (DITINJAU DARI METODE ECONOMIC VALUE ADDED)

OCVAN PANDU KURNIAWAN

Abstract


Tujuan penulisan Skripsi ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kedua perusahaan tersebut bila ditinjau menggunakan metode Economic Value Aded  dan untuk mengetahui kinerja keuangan mana yang lebih baik diantara kedua perusahaan tersebut dengan menggunakan metode Economic Value Added.

Penelitian ini menggunakan metode Economic Value Added, terdapat beberapa tahap dalam melakukan perhitungannya, yaitu dengan menghitung NOPAT, Invested Capital, WACC, Cost of Capital, & Economic Value Added. Hasil dari analisis tersebut menunjukan bahwa PT. Adaro Energy menghasilkan nilai EVA rata-rata negatif dari tahun 2013-2016 yaitu sebesar US$ -28,671,951, sedangkan PT. Toba Bara Sejahtra menghasilkan nilai EVA rata-rata positif yaitu sebesar US$ 7,343,862. Hasil uji hipotesis dengan Mann Whitney U Test menunjukan nilai sig (2-tailed) 0,083 yaitu lebih besar dari ½ α (0,025) dari hasil tersebut menyatakan bahwa hipotesis 1 ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil analisis Economic Value Added dari kedua perusahaan tersebut, sedangkan dari perhitungan EVA yang menunjukan nilai negatif pada PT. Adaro Energy, Tbk dan nilai EVA positif pada PT. Toba Bara Sejahtra, Tbk membuktikan bahwa hipotesis 2 ditolak, karena kinerja keuangan PT. Toba Bara Sejahtra, Tbk lebih baik dari PT. Adaro Energy, Tbk ditinjau menggunakan metode Economic Value Added.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan PT. Adaro Energy, Tbk dan PT. Toba Bara Sejahtra, Tbk menggunakan metode Economic Value Added, kesimpulan kedua adalah setelah dilakukan analisis maka hasilnya adalah kinerja keuangan PT. Toba Bara Sejahtra, Tbk pada kurun waktu 2013-2016 lebih baik dari PT. Adaro Energy, Tbk bila ditinjau dari metode Economic Value Added

Keywords


Kinerja Keuangan Perusahaan, EVA, WACC, NOPAT

Full Text:

PDF

References


Amin Widjaja Tunggal. 2008. Pengantar Konsep Nilai Tambah Ekonomi (EVA) Dan Value Based Management (VBM). Jakarta : Harvarindo

Brigham, Eugene F., dan Joel, F Houston. 2012. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.

Irham Fahmi. 2011. Analisa Laporan Keuangan. Lampulo : ALFABETA

Kasmir. 2012. Analisa Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Perkasa.

Suripto. 2015. Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Republik Indonesia. 1989. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 740 tahun 1989 tentang Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta : Kementerian Keuangan Republik Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.