ANALISIS ANGGARAN DAN REALISASI PROYEK PERKUATAN TEBING DAN NORMALISASI SUNGAI KARANG MUMUS TAHUN 2008 PT. HUTAMA KARYA (Persero)

Suyono .

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah yang menjadi penyebab mendasar terjadinya selisih antara anggaran dan realisasi biaya Proyek Perkuatan Tebing dan Normalisasi Sungai Karang Mumus Samarinda tahun 2008 pada PT. Hutama Karya (Persero) Wilayah III Balikpapan.

                Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui anggaran biaya proyek perkuatan tebing dan normalisasi sungai karang mumus pada PT. Hutama Karya (Persero) Wilayah III Balikapapan, untuk mengetahui selisih anggaran dan realisasi biaya Proyek Perkuatan Tebing dan Normalisasi Sungai Karang Mumus pada PT. Hutama Karya (Persero) Wilayah III Balikapapan, dan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya selisih antara anggaran dengan realisasi biaya Proyek Perkuatan Tebing dan Normalisasi Sungai Karang Mumus pada PT. Hutama Karya (Persero) Wilayah III Balikpapan.

                Alat analisis yang digunakan adalah analisis variance (selisih) anggaran biaya. Hipotesis diterima apabila terjadi perubahan harga pada bahan baku/material antara anggaran dan realisasi biaya Proyek Perkuatan Tebing dan Normalisasi Sungai Karang Mumus tahun 2008 di Samarinda pada PT. Hutama Karya (Persero) Wilayah III Balikpapan, sebaliknya apabila tidak terjadi perubahan harga pada bahan baku/material antara anggaran dan realisasi biaya Proyek Perkuatan Tebing dan Normalisasi Sungai Karang Mumus pada PT. Hutama Karya (Persero) Wilayah III Balikpapan maka hipotesis di tolak.

                Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penyebab mendasar terjadinya selisih antara anggaran dan realisasi biaya proyek Perkuatan Tebing dan Normalisasi Sungai Karang Mumus pada PT. Hutama Karya (Persero) tahun 2008 adalah pada bahan baku/material sebesar Rp. 509.259.000,00 atau sebesar 5,93%, sehingga hipotesis penulis diterima.


Full Text:

PDF DOC

References


Christina Ellen, Fuad M., Sugiarto, Sukarno Edy, 2001, Anggaran Perusahaan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Jusuf, Al Haryono, 2002, Dasar-Dasar Akuntansi, Jilid 1, Edisi Keenam, Cetakan kedua, STIE YKPN, Yogyakarta.

Hansen, Dor R, dan M. Mowen, Maryanne, 2004, Akuntansi Manajement, Erlangga, Jakarta, Edisi Keempat, Jilid Satu.

Hansen and Momen, 2003, Management Accaounting. 6th edition, South Western, USA, Manson.

Weygandt, Kieso dan Kell, 2001, Accounting Principles, Fourth Edition, John Wiley and Sons Inc. Canada.

Dipohusodo Istimawan, 2003, Manajemen Proyek dan Konstruksi, Jilid Satu, Cetakan Kedua, Kanisius, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.