ANALISIS PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK) DAN TINGKAT SUKU BUNGA KREDIT TERHADAP PENYALURAN KREDIT MODAL KERJA PADA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH KALTIMTARA DI SAMARINDA

Eka Dwanty Wulansari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan tingkat suku bunga kredit terhadap penyaluran kredit modal kerja pada PT Bank Pembangunan Daerah Kaltimtara di Samarinda, pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) terhadap penyaluran kredit modal kerja pada PT Bank Pembangunan Daerah Kaltimtara di Samarinda dan pengaruh tingkat suku bunga kredit terhadap penyaluran kredit modal kerja pada PT Bank Pembangunan Daerah Kaltimtara di Samarinda.

Berdasarkan pokok permasalahan yang telah dikemukakan sebelumnya, maka penulis mengemukakan hipotesis yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara Dana Pihak Ketiga (DPK) dan tingkat suku bunga kredit terhadap penyaluran kredit modal kerja pada PT Bank Pembangunan Daerah Kaltimtara di Samarinda, terdapat pengaruh yang signifikan antara Dana Pihak Ketiga (DPK) terhadap penyaluran kredit modal kerja pada PT Bank Pembangunan Daerah Kaltimtara di Samarinda dan terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat suku bunga kredit terhadap penyaluran kredit modal kerja pada PT Bank Pembangunan Daerah Kaltimtara di Samarinda.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui Dana Pihak Ketiga (DPK) dan tingkat suku bunga kredit berpengaruh terhadap penyaluran kredit modal kerja pada PT Bank Pembangunan Daerah Kaltimtara di Samarinda. Dana Pihak Ketiga (DPK) berpengaruh terhadap penyaluran kredit modal kerja pada PT Bank Pembangunan Daerah Kaltimtara di Samarinda. Tingkat suku bunga kredit berpengaruh tidak signifikan terhadap penyaluran kredit modal kerja pada PT Bank Pembangunan Daerah Kaltimtara di Samarinda

Keywords


Dana Pihak Ketiga, Tingkat Suku Bunga Kredit, Penyaluran Kredit Modal Kerja

Full Text:

PDF

References


Abdullah, T., dan Tantri, F. 2015. Bank Dan Lembaga Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Abdurrahman, A. 2011. Ensiklopedia Ekonomi Keuangan dan Perdagangan. Jakarta: Pradya Paramita.

Anonim. 1998. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

Binangkit. 2014. Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Loan (NPL), dan suku bunga pinjaman terhadap jumlah kredit pada Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia periode tahun 2003 – 2012. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hasanudin, Mohamad dan Prihatiningsih. 2010. Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Tingkat Suku Bunga Kredit, NPL dan Tingkat Inflasi Terhadap Penyaluran Kredit BPR di Jawa Tengah. Jurnal Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang Vol. 5 No. 1.

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 2012. Manajemen Keuangan. Edisi 6. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

Judisseno, Rimsky K. 2005. Perpajakan (Edisi Revisi). Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kasmir, 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Revisi 2008, Jakarta : PT. Raja Grapindo Persada.

Martono, dan D. Agus Harjito. 2011. Manajemen Keuangan. Edisi 2. Yogyakarta : Ekonisia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.