ANALISA PENGADAAN SPARE PARTS PADA CV. JAYA PRATAMA SAMARINDA

. Syarifuddin

Abstract


CV. Jaya Pratama merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penyewaan peralatan alat berat dan peralatan penunjang lainnya termasuk didalamnya persediaan spare parts. Perusahaan membutuhkan suatu perencanaan spare parts supaya produksi dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Persediaan merupakan salah satu tugas dari manajemen logistik dalam suatu perusahaan, yaitu dukungan dalam pengadaan untuk seluruh keperluaan perusahaan. Agar dukungan tersebut dapat dimanfaatkan perlu suatu perencanaan dan dilakukan secara terpadu, yang berarti saling berkaitan dan mendukung antara element yang terkait.

       Masalah dalam penelitiaan ini bagaimana prosesdur pengadaan spare parts dan metode pengadaan yang optimal, dengan tujuan agar tingkat persediaan dapat terjaga dan tidak terjadi kekurangan spare parts pada saat diperlukan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu metode dalam pemenuhan pengadaan spare parts agar dapat dilakukan dengan tepat seoptimal mungkin yaitu penerapan metode continous review system.

       Variable penelitian ini adalah aspek pengadaan dan tinjauan atas pengembangan metode  yang digunakan dalam pengadaan persediaan dalam penentuaan jumlah pemesanan yang ekonomis. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang diperoleh dari perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi perusahaan dan observasi. Teknik analisis yang dilakukan yaitu dengan pemeriksaan terus menerus (continous review system) dengan menggunakan data permintaan, pemakaian dimasa lalu.

       Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode contonous review system untuk spare parts tire 1200-24 pada CV. Jaya Pratama Samarinda dapat ditentukan berapa safety stock dan re order point serta penentuan jumlah pemesanan ekonomis (economic order quantity).


Full Text:

PDF DOC

References


Assauri, Sofjan, 2008. Manajemen Produksi Dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Boedijoewono, Noegroho. 2007. Pengantar Statistika. Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Gitosudarmo, Indriyo. 2003. Pengantar Bisnis. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Haming, Murdifin dan Nurjajamuddin, Mahfud. 2007. Manajemen Produksi Moderen, Operasi Manufaktur dan Jasa, Buku dua, Cetakan Kesatu, Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, T, Hani. 2003. Manajemen, Edisi I. Yogyakarta: BPFE.

Handoko, T, Hani. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Produksi Dan Operasi. Edisi I. Yogyakarta: BPFE.

Indrajid, Eko, Richardus dan Djokopranoto, Richardus. 2005. Manajemen Persediaan, Barang Umum dan Suku Cadang untuk Keperluan Pemeliharaan, Perbaikan dan Operasi. Cetakan Kedua. Jakarta: Grasindo.

Pardede, M, Pontas. 2003. Manajemen Operasi Dan Produksi, Teori, Model Dan Kebijakan. Edisi I. Yogyakarta: Andi.

Rangkuti, Freddy. 2007. Manajemen Persediaan, Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suganda, 1998. Manajemen Logistik. From http://wisnu.blog.stasitelkom.ac.id. 28 Maret 2011.

Sule, Ernie, Trisnawati dan Saefullah, Kurniawan. 2005. Pengantar Manajemen. Jakarta: Predana Media.

Sumayang, Lalu. 2003. Dasar-Dasar Manajemen Produksi Dan Operasi. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tampubolon, P, Manahan. 2004. Manajemen Operasional. Edisi Pertama. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Yamit, Yuliana. 2005. Manajemen Persediaan. Yogyakarta: Ekonisia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.