ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISTEM TIME CHARTER ATAU MENJUAL TUGBOAT PADA PT ARMADA SAMUDERA RAYA SAMARINDA

Miana Hulu -

Abstract


Kebijakan dalam hal menyewa ataupun menjual aset perusahaan merupakan keputusan manajemen dengan perbandingan penghasilan atau keuntungan sehingga dapat melangsungkan kegiatan perusahaan dengan pengambilan keputusan yang tepat. Salah satu strategi yang dapat ditempuh oleh PT Armada Samudera Raya untuk memperluas usahanya adalah dengan melakukan analisis biaya deferesial dalam pengambilan keputusan sitem time charter atau menjual tug boat. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis dalam memilih alternatif menjual tugboat dibandingkan dengan alternatif sistem time charter tugboat pada PT Armada Samudera Raya periode tahun 2016.

Hasil analisis berdasarkan analisis baiaya diferensial dalam alternatif sistem charter atau menjual tug boat selama 10 tahun ke depan dengan menggunakan nilai sekarang diperoleh selisih yang mengutungkan sebesar Rp 15.756.009.351. apabila perusahaan memilih alternatif menjual tug boat dibandingkan dengan sistem time charter tug boat. Alternatif sistem time charter tug boat mengakibatkan arus kas keluar sangat besar yaitu biaya asuransi sebesar Rp2.734.105.500, biaya reparasi sebesar Rp 13.167.276.000 dan biaya gaji awak kapal sebesar Rp 11.344.517.550 dibandingkan biaya - biaya Pengukuran pendapatan diukur dalam hal alternatif menjual tug boat yakni biaya komisi penjualan sebesar Rp 488.000.000.000 sedangkan untuk biaya notaris dikenakan sebesar 0.8 % dari harga jual tug boat yaitu sebesar Rp 195.200.000.000.

Hipotesis pernelitian ini ditolak apabila  alternatif sistem time charter tidak menguntungkan dibandingkan dengan alternatif menjual tugboat pada PT Armada Samudera Raya.

Keywords


Deferensial Cost, Pengambilan Keputusan

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim dan Bambang.2013. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta:BPEE.

Ahmad, Kamaruddin. Akuntansi Manajemen; Dasar-dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: Raja Grafindo.

______. 2009. Akuntansi Manajemen: Dasar-dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: Raja Grafindo Persada Akuntansi: Edisi ke enam: Jakarta:PT Indeks Kelompok Gramedia..

______. 2009. Akuntansi Biaya, Edisi Ke empat belas, BukuI. Salemba Empat, Jakarta.

H. alim, Abdul., Bambang S., Muhammad Syam Kusufi. 2012. Akuntansi Manajemen (AkuntansiManajerial).Edisi Kedua BPFE. Yogyakarta.

Indriantoro & Supomo. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis. Untuk Akuntansi dan Manajemen. BPFE. Yogyakarta.

Krismiaji, Aryani. 2011. Akuntansi Manajemen. Edisi Kedua. UPP STIM YKPN. Yogyakarta Pengambilan Keputusan. Edisi Revisi Kelima. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Mulya, Mevy Resty. 2013. Analisis Pendapatan dan Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Menjual atau Menyewakan Excavator Model PC 200-7 Second Pada PT United Tractors Tbk. di Samarinda.Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman, Samarinda.

Munawir S. 2009. Analisa Laporan Keuangan, Edisi keempat, Cetakan keempat belas, Liberty, Yogyakarta.

Prayogo, Aditya Surya. 2013. Analisis Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Menjual Atau Menyewakan Kapal Landing Craft Tank (LCT) Pada PT Agus Suta Line Di Samarinda. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman, Samarinda.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen: Informasi Untuk Pengambilan Keputusan

Strategis. Erlangga, Jakarta.

Sadeli, Lili, M. 2010. Dasar-Dasar Akuntansi. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Samryn, L.M., 2012. Akuntansi Manajemen Informasi Biaya untuk Mengendalikan Aktivitas Operasi dan Investasi, Edisi Pertama, Penerbit : Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Smith dan Skousen. 2009. Akuntansi Keuangan. Salemba Empat, Yogyakarta

Supriyono. 2011. Akuntansi Biaya: Perencanaan dan Pengendalian Biaya serta Pembuatan Keputusan. Buku 2. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

S.R, Soemarso. 2009. Akuntansi: suatu Pengantar. Edisi 5. Salemba Empat. Jakarta.

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan : Teori dan Praktik.

Erlangga, Jakarta.

Sujarweni Wiratna V. 2015. Akuntansi Manajemen :Teori dan Aplikasi.Pustaka Baru Press. Yogyakarta.The Ishak dan Sugiono Arief. 2015. Informasi Dalam Pengambilan Keptusan.Grasind


Refbacks

  • There are currently no refbacks.