ANALISIS PANGSA PASAR MOBIL SUZUKI ERTIGA PADA PT. SEMEKARINDO INDAH DI SAMARINDA

HARIYADI HARIYADI

Abstract


HARIYADI, Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Analisis Pangsa Pasar Mobil Suzuki Ertiga pada PT. Samekarindo Indah Di  Samarinda (dibawah bimbingan ibu Titin Ruliana dan ibu Suyatin).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pangsa pasar Mobil Suzuki Ertiga tahun 2013 di Samarinda.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari teori pemasaran, manajemen pemasaran, marketing mix dan analisis pangsa pasar. Instrumen penelitian adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Pendapatan Daerah unit pelaksana teknis dinas (UPTD) Samarinda. Alat analisis mengunakan analisis pangsa pasar.

Obyek yang diteliti adalah tentang pangsa pasar mobil suzuki ertiga pada PT. Samakarindo Indah Samarinda dengan menitik beratkan pada kisaran pangsa pasar dari mobil suzuki ertiga terhadap pesaing seperti (toyota avanza,daihatsu, xenia, dan nissan livina).

Berdasarkan pada analisis dan pembahasan maka hipotesis yang diajukan Yaitu Diduga bahwa Pangsa Pasar Mobil Suzuki Ertiga dari bulan Mei tahun 2012 sampai dengan bulan April tahun 2013 lebih besar dari para pesaingnya di Samarinda ditolak, alasan ditolaknya hipotesis ini adalah Pangsa Pasar Mobil Suzuki Ertiga dari bulan Mei tahun 2012 sampai dengan bulan April tahun 2013 lebih kecil dari para pesaing utama yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di Kota Samarinda.

Market share (pangsa pasar) yang diraih oleh jenis mobil Mobil Suzuki Ertiga di Samarinda cukup baik. Hal ini terbukti dari market share yang diraih dari bulan Mei tahun 2012 sampai dengan bulan April Tahun 2013 perkiraan pangsa pasar (Market share) untuk mobil Suzuki Ertiga adalah sebesar 10,20 %. Ini menunjukkan bahwa untuk mobil jenis Suzuki Ertiga menguasai pasar hanya sebesar 10,20 %  atau menempati urutan ketiga dibandingkan dengan jenis mobil yang yang berada di Kota Samarinda.

Jenis mobil Suzuki Ertiga mampu bersaing dengan jenis mobil yang lain baik dari sudut harga, kualitas dan faktor selera konsumen, penjualan mobil ini sangat dipengaruhi oleh ketiga faktor tersebut. Selain dari faktor yang berhubungan tersebut tentu faktor promosi yang dilakukan oleh pihak produsen secara nasional juga sangat berpengaruh sekali  terhadap masalah penjualan ini.

 

Kata kunci : Market Share, Marketing Mix, Sales


Full Text:

PDF DOC

References


Assauri, Sofjan, 2000, Manajemen Pemasaran dasar, Konsep dan Strategi, Cetakan Ketiga, Rajawali Pers, Jakarta

M. Mursid, 2007, Manajemen Pemasaran, Bumi Aksara bekerjasama dengan PAU Studi Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Nitisemito, Alex S. 2003, Marketing, Edisi Revisi, Ghalia Indoensia , Jakarta.

Philip, Kotler, 2005, Management of Marketing, (Terjemahan, Anitawati Hermawan), Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Swasta, Basu DH, 2002, Azas-Azas Marketing, Liberty, Yogyakarta.

Sutoyo, Siswanto, 2001, Kerangka Dasar Manajemen Pemasaran, Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.