ANALISIS KINERJA KEUANGAN CV. MITRA BARA KALTIM DI KUTAI KARTANEGARA

Maryana Robin Jonathan 2, Ivana Nina Esterlin Barus 3

Abstract


Maryana, Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis rasio likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas CV. Mitra Bara Kaltim di Kutai Kartanegara pada tahun 2016-2018.

            Dasar teori yang digunakan adalah akuntansi keuangan yang meliputi analisis lapran keuangan. Rasio keuangan yang digunakan adalah rasio likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas.

            Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah  current ratio,  quick ratio, total debt to equity ratio,  total debt to assets ratio, return on assets ratio dan return on equity ratio.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rasio likuiditas yang diukur menggunakan variabel current ratio dan quick ratio menunjukkan kinerja keuangan CV. Mitra Bara Kaltim pada tahun 2016-2018 rata-rata mengalami penurunan. Rasio solvabilitas yang diukur dengan menggunakan variabel total debt to equity ratio dan total debt to assets ratio menunjukkan kinerja keuangan CV. Mitra Bara Kaltim pada tahun 2016-2018 rata-rata dalam keadaan yang baik. Rasio profitabilitas yang diukur menggunakan variabel return on assets ratio dan return on equity ratio menunjukkan kinerja keuangan CV. Mitra Bara Kaltim pada tahun 2016-2018 rata-rata dalam keadaan yang kurang baik. Hal ini disebabkan karena laba bersih menurun dari tahun sebelumnya atas modal perusahaan sendiri, sehingga nilai rasio menunjukkan laba bersih terhadap modal yang diinvestasikan kurang baik, sehingga kinerja keuangan CV. Mitra Bara Kaltim masih belum maksimal dalam mengelola laba bersih dengan menggunakan modal sendi



Keywords


Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Erica, Denny. 2018. Analisa Rasio Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan PT. Kino Indonesia Tbk. Jakarta : AMIK BSI.

Fess, Warren Reeve. 2011. Financial Accounting 27 th Edition. New York : Cengage Learning.

Kasmir. 2017. Pengantar Manajemen Keuangan. Cetakan ke-6 Edisi 2. Jakarta : Kencana.

Munawir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke-17 Edisi 4. Yogyakarta :Liberty.

Wati. Masnita. 2014. Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Pada PT. Astra Agro Lestari. Riau : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraingan Rokan Hulu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.