Evaluasi Efektifitas Dan Efisiensi Anggaran Belanja (Studi Empiris Pada Kantor Pelayanan Pajak PratamaTenggarong Tahun 2016-2019)

Muhammad Yandi Dharmawan1 Imam Nazarudin Latif2 Catur Kumala Dewi

Abstract


Tujuan  penulisan  ini  adalah  untuk  menganalisis  Efektifitas  dan Efisiensi anggaran belanja Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tenggarong pada tahun 2016 sampai dengan 2019.Alat  analisis  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  pengukuran efektifitas dan pengukuran efisiensi. Pengukuran efektifitasdengan membandingkan antara realisasi anggaran yang telah digunakan dengan anggaran yang telah ditetapkan sedangkan untuk pengukuran efisiensi adalah perbandingan antara realisasi anggaran  yang  telah  digunakan  dengan  realisasi  pendapatan  yang telah dicapai. Hasil  pengukuran  efektifitas  didapatkan hasil bahwa  pada  tahun  2016 sampai   dengan 2019 anggaran belanja  Kantor   Pelayanan   Pajak   Pratama Tenggarong  sudah  berjalan  efektif,  namun  pada  tahun  2017  mempunyai  tingkat efektifitas yang paling rendah dan pada tahun 2019mempunyai tingkat efektifitas yang paling tinggi.  Hasil pengukuran efisiensi didapatkan hasil bahwa pada tahun 2016  sampai  dengan  2019  anggaran  belanja  Kantor  Pelayanan  Pajak  Pratama Tenggarong  sudah  berjalan  efisien,  namun  pada  tahun  2018  mempunyai  tingkat efisiensi yang paling rendah dan pada tahun 2016 mempunyai tingkat efisiensi yang paling tinggi. Pelaksanan anggaran belanja Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tenggarong pada tahun 2016 sampai dengan 2019 sudah berjalan efektif dan efisien, akan tetapi  Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tenggarong harus tetap meningkatkan koordinasi seluruh  seksi  dalam  melakukan  pelaksanaan  anggaran  belanja  dan  melakukan monitoring dan evaluasi setiap triwulannya

Keywords


Anggaran Belanja, Efektifitas, Efisiensi

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim, Muhammad Syam Kusufi. 2016. Teori, Konsep dan Aplikasi Akuntansi Sektor Publik Dari Anggaran Hingga Laporan Keuangan Dari Pemerintah hingga Tempat Ibadah. Jakarta: Salemba Empat.

Agus, Sartono. 2011. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Anonim. Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Mahmudi. 2011. Akuntansi Sektor Publik Cetakan Pertama. Yogyakarta: UUI Press.

________. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mahsun, Mohammad. 2013. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nafarin, M. 2013. Penganggaran Perusahaan. Edisi ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Pekei, Beni. 2016. Konsep dan Analisis Efektifitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi. Jakarta Pusat: Taushia.

Sedarmayanti. 2014. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta:Mandar Maju.

Sumenge, Ariel Sharon. 2013. Analisis Efektifitas dan Efisiensi Pelaksanaan Anggaran Belanja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal EMBA Vol.1 No.3.Universitas Sam Ratulangi Manado.

Widiyana, Anita. 2016. Analisis Efektifitas dan Efisiensi Pelaksanaan Anggaran Belanja Dalam Menilai Kinerja Pada Dinas Pendidikan, Pemudadan Olahraga Kota Palembang.Palembang: Fakultas Akuntansi Universitas Muhammadiyah Palembang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.