ANALISIS EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS KINERJA KEUANGAN PADA KANTOR INSPEKTORAT PROVINSI KALIMANTAN TIMUR Periode 2017 - 2020

Mokhammad Fadli Imam Nazarudin Latif 2 Ida Rachmawati3

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efisiensi dan efektifitas kinerja keuangan pada kantor Inspektorat Provinsi Kalimantan Timur. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio efisiensi dan rasio efektifitas. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dalam hal ini data kuantitatif yang digunakan adalah ringkasan laporan realisasi anggaran (APBD) Inspektorat Provinsi Kalimantan Timur dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2020. Data ini diambil langsung dari sumber datanya yaitu kantor Inspektorat Provinsi Kalimantan Timur. Hasil penelitian antara lain pengelolaan kinerja keuangan Inspektorat Provinsi Kalimantan Timur periode 2017 sampai dengan 2020 cukup efektif  berada di level 95% sampai 99 % dan tingkat efisiensi belum maksimal berada di antara 104 % sampai 88%. Kinerja keuangan Inspektorat Provinsi Kalimantan Timur dari tahun 2017 sampai dengan 2020 cukup efektif dikarenakan serapan dan pengelolaan anggaran belanja langsung sesuai dengan target dan tujuan sedangkan pengleolaan anggaran belanja tidak langsung masih belum efisien hal ini karena dipengaruhi oleh pengelolaan belanja pengawai yang belum maksimal.

Keywords


Efisiensi, Efektifitas, Anggaran belanja, kinerja keuangan

Full Text:

PDF

References


Anonim.2003.Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, Jakarta : Sekretariat Negara

Jatmiko, Dadang Prasetyo. 2017. Pengantar Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Diandra Kreatif

Pangkey, Immanuel, 2015. Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Anggaran Belanja Pada DinasKebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado Sulawesi Utara.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/10581.diakses pada hari Jum’at, 16 Oktober 2020, jam 17.00

Ravianto J. 2014. Produktivitas dan Pengukuran, Jakarta. Binaman Aksara

Sedarmayanti, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama.

Van Horne, James C. & Jhon M. Wachowicz, Jr. 2012. Prinsip - Prinsip Manajemen Keuangan, Buku 2 Edisi 13. Terjemahan Heru Sutojo. Jakarta : Salemba Empat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.