PENGARUH KUALITAS PRODUK KOPI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KEDAI KOPI POSTMO DI ALAYA SAMARINDA

Theresia Endriati E

Abstract


Seperti kita ketahui bahwa menikmati kopi merupakan hal yang wajib bagi pencinta kopi, berbagai cara dan usaha untuk para pencinta kopi menikmati secangkir kopi dengan citarasa yang diinginkan.

Kedai Kopi Postmo di Alaya adalah Kedai Kopi yang cukup terkenal di wilayah Samarinda. Kedai kopi ini menawarkan kopi espresso sebagai menu unggulan berbahan dasar campuran biji kopi robusta dan arabica pilihan yang berkualitas.

Berdasarkan pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan rumusan masalahnya adalah Apakah kualitas produk Kopi yang diberikan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Kedai Kopi Postmo di Alaya Samarinda.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Kedai Kopi Postmo di Alaya Samarinda.

Dasar teori yang digunakan adalah Manajemen Mutu dengan menggunakan alat analisis regresi linier sederhana dengan 30 sampel responden.

Hasil penelitian menunjukkan :

  1. Nilai korelasi (r) menunjukkan variabel kualitas produk mempunyai hubungan yang sedang (cukup kuat) terhadap kepuasan konsumen Kedai Kopi di Alaya Samarinda. Nilai koefisien regresi menunjukkan bahwa variabel kualitas produk mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen Kedai Kopi Postmo di Alaya Samarinda dan masih ada pengaruh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
  2. Nilai t hitung hasil perhitungan signifikansinya < dari 0,05 yang berarti pula variabel kualitas produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kosumen Kedai Kopi Postmo di Alaya Samarinda. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan kualitas produk (X) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Kedai Kopi Postmo di Alaya Samarinda.(Y) diterima.
  3. Fungsi regresi hasil perhitungan Y = 0,039 + 1,021 X

Full Text:

PDF DOC

References


Bhote, Keki R. 1996. Beyond Costumer Satisfaction to Customer Loyalty : The Key to Greater Profitability. New York: AMACOM.

Caspeerez, Vincent 2002, Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Gramedia Pustaka Utama, Cetakan I, Jakarta

Griffin, Jill, 1996. Costumer Loyalty: How to Earn It, How to Keep It. Simon and Chuster, Inc. New York:

Kotler, Philip, 2007, Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia, Jilid I, II, Edisi kesebelas, Indeks, Jakarta

Nasution, 2001, Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia

Prasetyo, Adji. 2013. Manajemen Operasional: Definisi dan faktor yang mempengaruhi manajemen operasional. (Online), Edisi kedua (http://jurnal- sdm.blogspot.com), diakses 12 April 20014

Rangkuti F. 2002. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman, Leon G. Leslie Lazar. Kanuk. 2000. Consumer Behavior Seventh Edition, Prentice Hall. International Inc. New Jersey

Suyadi, Prawirosentono. 2002. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.