ANALISIS KOMPETENSI SUMBER DAYA APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DI LINGKUNGAN KANTOR CAMAT SANGKULIRANG KABUPATEN KUTAI TIMUR

Marjoni Rachman Hadriansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Kompetensi Sumberdaya Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kantor Camat Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur. Pendekatan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini akan dilakukan deskripsi terhadap empat indikator, yaitu Kompetensi Pengetahuan, Kompetensi Keterampilan, Kompetensi Sikap dan Kompetensi Nilai.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Sumberdaya Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kantor Camat Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur memperoleh skor sebesar 71,6% dan ini termasuk dalam kategori cukup baik. Dengan demikian rumusan masalah dan hipotesis di dalam penelitian ini telah terjawab dan terbukti dengan baik.


Keywords


Kompetensi

Full Text:

doc

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Edisi. Revisi, PT, Rineka Cipta, Jakarta.

Danim, Sudarwan. 2008. Kinerja Staf dan Organisasi Perspektif Pendidikan, Pelatihan, Pengembangan dan kewidyaiswaraan Berbasis Kinerja. Bandung : Pustaka Setia.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Refika Aditama. Bandung.

Palan, R. 2007. Competency Management. Teknik Mengimplementasikan Manajemen SDM berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi. Penerjemah: Octa Melia Jalal. Penerbit PPM. Jakarta.

Ruky, Achmad, S. 2004; Sistem Manajemen Kinerja. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiyono. 2010. MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Supriyanto. 2006. Meningkatkan Eksistensi IPI dalam Mengembangkan Profesionalisme Pustakawan. Dalam Supriyanto dan Rimbarawa (Ed.), Aksentuasi Perpustakaan dan Pustakawan. Jakarta :Ikatan Pustakawan Indonesia Pengurus Daerah DKI Jakarta.

Wibowo, 2007. Manajemen Kinerja, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.