KOMPETENSI PUSTAKAWAN TERHADAP PENGADAAN LITERATUR BAGI KEBUTUHAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Mugni Baharuddin Nuning Rodiah

Abstract


Kompentensi pustakawan menjadikan landasan dasar dalam kebutuhan mahasiswa dan dosen  dalam mencari buku literatur dan  penyediaan literatur disuatu perpustakaan perguruan tinggi sangat penting, karena banyak sekali cara  yang dilakukan untuk mencari suatu informasi  tidak hanya dari literatur yang ada  tetapi secara digital pun sudah banyak. Sebagai sarana pusat ilmu dan wawasan mahasiswa dan dosen  di Perpustakaan Universitas 17 agustus 1945, perpustakaan  dalam menambah koleksi atau informasi yang berhubungan dengan belajar mengajar yang up to date dalam memilih bahan belajar mengajar dalam  akademik yang telah ditetapkan oleh Universitas 17 Agustus 1945.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pustakawan terhadap pengadaan literatur bagi kebutuhan pemustaka. Jenis penelitian ini adalah deskriftif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuisioner. Selanjutnya,  analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan sof tware SPSS version 21. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kompetensi pustakawan memiliki nilai total skor akhir 78,00% maka dinyatakan dalam validitas  diterima.

Hal yang membuat kompetensi pustakawan berpengaruh,  karena pustakawan sdah mengelompokkan dan menyaring literatur sesuai dengan yang dibutuhkan pemustaka. Sehingga kompetensi pustakawan terhadapat pengadaan literatur bagi kebutuhan pemustaka mempunyai pengaruh dan hubungan yang sangat kuat.

 


Keywords


Kompetensi Pustakawan, Pengadaan Literatur

Full Text:

doc

References


Perpustakaan Pusat Universitas 17 Agustus 1945: dari Karya Ilmiah, Silabus, Buku Panduan: 2016/2017. Samarinda.

Alwi, Safaruddin. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta. BPFE.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dharma, Surya. 2004. Manajemen Kinerja: Falsafah, Teori, dan Penerapannya. Jakarta: Program Pascasarjana FISIP.

Hasibuan, Malayu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Cetakan Ke-6. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Hutape, Parulian danNurianna Thoha. 2008. Kompetensi Plus. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Siagian, Sondang Pegawai, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Nawawi, Hadari, H. 2001. Perencanaan Sumber Daya Manusia untuk Organisasi Profit yang Kompetitif. Yogyakarta: GajahMada University Press.

Qalyubi, Syihabudin dkk. 2003. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI) : Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab Universitas

Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Abdul Rahman Saleh. 1995. Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi Jakarta: Universitas terbuka.

Ade Kohar. Kinerja pustakawan dalam mata rantai informasi di perpustakaan. Media pustakawan. Vol. 18 No. 3 & 4 Tahun 2011.

Anas Sudijono. 1997. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Daryono, Kompetensi Puatakawan Dalam memberikan Layanan Prima di Perpustakaan Perguruan Tinggi, Pustakawan Madya UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu, h.2.pdf diakses pada tanggal 1 Juli 2015.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2004. Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman Edisi 3. Jakarta. Depdiknas RI.

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Endang Ernawati, Kinerja dan Pengembangan perpustakaan Berbasis Kompetensi Jakarta: Universitas Bina Nusantara. Diakses pada tanggal 1 Juli 2015.

Heriyanto. Pustakawan Di Perguruan Tinggi Sebagai Rekan Bekerja Mahasiswa. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan komunikasi kepustakawanan. Vol. 1 no. 1 Jan-Jun Tahun 2011.

Iqbal Hasan. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Mardalis. 1995. Metode penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Mestika Zed. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Ninis Agustini Damayani, Kompetensi dan Sertifikasi Pustakawan: Ditinjau dari Kesiapan Dunia Pendidikan Ilmu Perpustakaan, Media Pustakawan. Vol. 18 no. 3&4 Tahun 2011.

Racham Hermawan S, Zulfikar Zen. 2006. Etika Kepustakawanan: suatu pendekatan terhadap kode etik pustakawan Indonesia. Jakarta: Sagung Seto.

Ronny Kountur. 2003. Metode Penelitian Untuk penulisan Skripsi Dan Tesis. Jakarta: Penerbit PPM.

Sugihartati, Rahma, Fitri Mutia. 2001. Masyarakat Dan Perpustakaan Di Era Revolusi Informasi. Surabaya: Departemen Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu social dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.

Sulistyo-Basuki, 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Syihabuddin Qalyubi, 2003. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, Yogyakarta: Jurusan IPI Fakultas Adab dan Humaniora.

Titiek Kismiyanti, Kesiapan Sertifikasi pustakawan, media Pustakawan, Vol. 18 No. 3&4 Tahun 2011.

Undang – Undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Wiji Suwarno, 2011. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikuntoro Suharsimi, Prosedur penelitian Suatu pendekatan Praktik , Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Sugiyono Prof. Dr. metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R &D, Bandung: Cv Alfa Beta, 2010.

L. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.