PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PNS UPT. PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN KUTAI TIMUR

Sirilius Tabe

Abstract


Tujuan penelitian adalah Mengetahui Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja PNS di Lingkungan UPT. Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kutai Timur.

Penelitian ini berjenis ekporatif dengan menggunakan data kuantitatif.  Penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian verifikatif  yang bersifat komperatif, yakni penelitian yang membandingkan variabel-variabel bebas.  Sampel diambil sebanyak 25 responden dnegan cara sensus. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian memperolah R2adj = 11,70%,  sedangkan persamaan regresi yang terbentuk adalah Ϋ = 3,746 + 0,245X1 – 0,358X2.  Sehiggga: 1) Variabel motivasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai di lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Kabupaten Kutai Timur. 2) Variabel kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai di lingkungan UPT. Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kutai Timur.

     Kabupaten Kutai Timur. 3) Secara bersama-sama Variabel motivasi dan  Variabel kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai di lingkungan UPT. Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kutai Timur


Keywords


Motivasi, Kepuasan Kerja, Kinerja

Full Text:

doc

References


Amstrong, Michael, 1994, “Handbook of Personal Management Practise”, 4th Edition, Kopan Page Ltd., London

As’ad, M. 2003. Psikologi Islami: Seri Sumber Daya Manusia. Liberty, Yogyakarta.

Black, James A dan Dean J. Cahmpion., 2001.Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Refika Aditama, Bandung.

Burton, James P; Lee, Thomas W; Holtom, Brooks C, 2002, “The Influence of Motivation to Attend, Ability to Attend, and Organizational Commitment on Different Types of Absence Behaviors”, Journal of Managerial Issues,Summer, p. 181-197

Cooke, Ernest F., 1999, “Control and Motivation in Sales Management through The Compensation Plan”, Journal of Marketing Theory and Practise

Denhardt, Janet V dan Robert B. Denhardt., 2007.Expended-The New Public Service; Serving, Not Steering, M.E. Sharpe Inc, New York.

Dessler, Gary, 1992, “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Prenhalindo, Jakarta

Dole, Carol and Schroeder, Richard G., 2001, “The Impact of Various Factors on The Personality, Job Satisfaction and Turnover Intention of Profesional Accountants”, Managerial Auditing Journal, Vol. 16, No. 4, p. 234 – 245

Grant, Ken et al, 2001, “The Role of Satisfaction With Territory Design on The Motivation, Attitudes, and Work Outcomes of Salespeople”, Journal ofThe Academy of Marketing Sciences, Vol. 23, No. 2, p. 165 – 178

Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE Press, Yogjakarta:

Harrison, J. Klane and Russell Hubbard, 1998, “Antecedents to Organizational Commitment Among Mexican Employee of USA”

Hasibuan, M. 2003. Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Bumi Aksara, Jakarta.

Heiddjrachman dan Husnan, Suad. 2002. Manajemen Personalia. BPFE, Yogyakarta

Kaelan., 2012.Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humaniora.Paradigma, Yogyakarta.

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu., 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Haji Masagung, Jakarta.

Robbins, Stephen P, 1996, “Organizational Behavior Concept, Controversiest, Application”, Eaglewoods Cliffs, Prentice Hall Inc.

Siagian, S.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Simamora, Bilson., 2004. Riset Pemasaran; Falsafah Teori dan Aplikasi. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sri Adiningsih., 1998, Statistik. BPFE, Yogyakarta.

Supardi dan Anwar, S. 2004. Dasar-Dasar Perilaku Organisasi. UII Press, Yogyakarta.

Sugiyono., 2007. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono., 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.

Testa, Mark R., 1999, “Satisfaction with organizational Vision, Job Satisfaction and Service Effort: An Empirical Investigation”, Leadership andOrganization Development Journal, Vol. 20, No. 3

Timpe, D.A. 1999. Produktivitas: Seri Manajemen Sumber Daya Manusia. Elekmedia Komputindo, Jakarta.

Umar, Husein., 2003. Riset pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia, Jakarta.

Vest M. J., Scott K.D., and Markham S.E., 1994, “Self Rated Performance and Pay Satisfaction, Merit Increase Satisfaction and Instrumentally Beliefs In A Merit Pay Environment”, Journal of Business and Psychology, Vol. 9,No.2, p. 171 – 181.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.