FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI UPT PENYULUH PERTANIAN PETERNAKAN DAN PERKEBUNAN KONGBENG

Siti Aminah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. (4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja karyawan memidiasi komunikasi dan kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian ekplanatory yang bertujuan untuk, menguji pengaruh peran mediasi kepuasan kerja terhadap komunikasi dan kinerja karyawan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 152 responden dan mereka adalah karyawan bagian produksi pabrik Kertas PT. Setia Kawan Makmur Sejahtera Tulungagung. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (probabilitas sampling), sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan (simple random sampling). Pengumpulan data menggunakan metode survei langsung dengan instrumen kuisioner. Untuk selanjutnya dianalisi menggunakan metode dan teknik analisis Partial Least Square (PLS) – Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi terhadap kepuasan kerja, komunikasi terhadap kinerja, kepuasan kerja terhadap kinerja, dan Peran mediasi kepuasan kerja terhadap komunikasi dan kinerja karyawan mempunyai pengaruh positif dan signifikan.


Keywords


Komunikasi, Kepuasan kerja, Kinerja karyawan

Full Text:

doc

References


The Liang Gie. (2009). Administrasi Perkantoran Modern. Yogykarta : LIBERTY

Wijaya, A.W. (1986). Administrasi Kearsipan : suatu pengantar. Jakarta : RAJAWALI

Gibson, James L. Ivancevich, John M, et al. 2012. Organization Behavior Structure Processes. Eight Edition. Boston: Richard D Irwin Inc Homewood

Handoko, T. Hani. 2013. Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE


Refbacks

  • There are currently no refbacks.