PenerapanPrinsipPrinsipGood GovernanceDalamPelayanPublik Studi Pada Kantor Pengelola Perbatasan Kabupaten Mahakam Ulu

Andreas Woy

Abstract


Bentukpenelitianinimenggunakan  metodepenelitiankualitatifkarena memiliki keunggulandalamproses penelitiannya,yaitu bersifatholistik (menyeluruh)  dan  dinamis,  adanya hubungan timbal balik  (interaksi)  antara penelitidenganyangditelitisertatransferability (tidakbersifatgeneral) dimana dalampenelitian kualitatif tidak melakukan generalisasi, tetapi lebih menekankan padatingkatmakna.Sehinggadapatmemudahkanpembacadarihasilpenelitian inimemahami apayang menjadimasalah.

GoodGovernancemerupakankepemerintahanyang baik,bersihdan berwibawa. Pemerintahanbisa dikatakan“good” jika sudahmenerapkanprinsip- prinsip Good Governanceyaitu partisipasi,transparansi, aturanhukum, berkeadilan,berorientasikonsensus, efisien dan efektif,akuntabeldan daya tanggap.

Kantor KPP Mahakam Ulusudah  mengambil  langkah yang benardalam  mewujudkan pemerintahanyangbaik.Kegiatandanprogramdiatassaatinisudahdijalankan dan   akanterus   dipertahankan   oleh   Kantor KPP Mahakam Ulu.  Dalam pemerintahanyang GoodGovernancesebuahprogramyang mendukung kesejahteraan danberdampak positif  bagi masyarakat merupakan pelayanan publikyangbaik.


Keywords


Good Governance, Pelayanan Publik

Full Text:

doc

References


Andreas Lako. 2004. Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi Isu Teori dan Solusi.

Yogyakarta: Amara Books.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2005. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung :

PT.RafikaAditama.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

________________. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Basri A.F.M. & Rivai V. 2005.Performance Appraisal.Jakarta : PT. Raja

Grafindo Persada.

Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan GoodGovernance Melalui Pelayanan

Publik.Yogyakarta: GadjahMada UniversityPress

Indrawijaya, AdamI. 2000. PrilakuOrganisasi.Cetakan keenam.Bandung :

Sinar BaruAlgesindo.

Juliansyah Noor. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kerlinger, F.N., Foundations of Behavioral Research, 2nd Ed., New York,MacMillan,1971.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik.

Yogyakarta: Pembaharuan

Malayu.S.P. Hasibuan. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia .Edisi

Revisi, Cetakan Kedelapan, Jakarta: Bumi Aksara.

Husein Umar. 2007. Desain Penelitian SDMdan Perilaku Karyawan, Paradigma

Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Manahan P.Tampubolon. 2004. Prilaku Keorganisasian. Jakarta : Ghalia

Indonesia

Masri Singarimbun & Sofian Effendi, 1995.Metode Penelitian Survai. Jakarta:

LP3ES.

Mokhammad Syuhandhak. 1994. Administrasi Kepegawaian Negara, Teori dan

Praktek Penyelenggaraannya di Indonesia.

Jakarta: PT. Toko Gunung.

Ratminto dan Atik S, Winarsih, 2005,Manajemen Pelayanan (Pengembangan

Model Konseptual, penerapan Citizen’s Charter dan StandarPelayanan Minimal), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Riduwan.2007 ,Skala Pengukumn Variabel - Variabel Penelitian, Cetakan

Keempat. Bandung: Alfabeta.

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Robbins, Stephen P. 2003. Organizational Behavivour.New Jersey, US : Prentice

Hall.

Ratminto danAtik Septiwinarsi.2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sedermayanti, Dr. 2003. Good Governancedalam Rangka Otonomi Daerah.

Bandung:CV Mandarmaju

Sinambela, LijanPoltak. 2008. Reformasi pelayananPublik.

Jakarta :BumiAkasara

Singarimbun,Masri dan Effendi,1989. Sofian,Metode Penelitian Survai. Jakarta,LP3ES

Sugiyono.2004. Metode Penelitian Administrasi (ed.5). Bandung : CV. Alfabeta.

_______. 2005. MetodePenelitian Kualitatif. Bandung, CV.Alfabeta.

Supriyatno, Budi. 2009. ManajemenPemerintahan (Plus Dua BelasLangkah Strategis).CV. Media Brilian. Jakarta.

Suryanto.2010. Sebuah Upaya Perbaikan dan Inovasi dalam Meningkatkan

Kepercayaan Publik. Jakarta: Media Kekayaan Negara Ed 1.

Thoha, Miftah. 1998 Prilaku Organisasi :Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Winarno, Budi.2001 Teori dan Proses Kebijakan Publik, Yogyakarta, Media Pressindo

Undang-UndangNO.25Tahun 2009 TentangPelayanan Publik,

http://transparansi.or.id/about/reformasi-birokrasi/latar-belakang-reformasi- birokrasi.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.