PenerapanPrinsipPrinsipGood GovernanceDalamPelayanPublik Studi Pada Kantor Pengelola Perbatasan Kabupaten Mahakam Ulu
Abstract
Bentukpenelitianinimenggunakan metodepenelitiankualitatifkarena memiliki keunggulandalamproses penelitiannya,yaitu bersifatholistik (menyeluruh) dan dinamis, adanya hubungan timbal balik (interaksi) antara penelitidenganyangditelitisertatransferability (tidakbersifatgeneral) dimana dalampenelitian kualitatif tidak melakukan generalisasi, tetapi lebih menekankan padatingkatmakna.Sehinggadapatmemudahkanpembacadarihasilpenelitian inimemahami apayang menjadimasalah.
GoodGovernancemerupakankepemerintahanyang baik,bersihdan berwibawa. Pemerintahanbisa dikatakan“good” jika sudahmenerapkanprinsip- prinsip Good Governanceyaitu partisipasi,transparansi, aturanhukum, berkeadilan,berorientasikonsensus, efisien dan efektif,akuntabeldan daya tanggap.
Kantor KPP Mahakam Ulusudah mengambil langkah yang benardalam mewujudkan pemerintahanyangbaik.Kegiatandanprogramdiatassaatinisudahdijalankan dan akanterus dipertahankan oleh Kantor KPP Mahakam Ulu. Dalam pemerintahanyang GoodGovernancesebuahprogramyang mendukung kesejahteraan danberdampak positif bagi masyarakat merupakan pelayanan publikyangbaik.
Keywords
Full Text:
docReferences
Andreas Lako. 2004. Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi Isu Teori dan Solusi.
Yogyakarta: Amara Books.
Anwar Prabu Mangkunegara. 2005. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung :
PT.RafikaAditama.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
________________. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Basri A.F.M. & Rivai V. 2005.Performance Appraisal.Jakarta : PT. Raja
Grafindo Persada.
Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan GoodGovernance Melalui Pelayanan
Publik.Yogyakarta: GadjahMada UniversityPress
Indrawijaya, AdamI. 2000. PrilakuOrganisasi.Cetakan keenam.Bandung :
Sinar BaruAlgesindo.
Juliansyah Noor. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kerlinger, F.N., Foundations of Behavioral Research, 2nd Ed., New York,MacMillan,1971.
Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik.
Yogyakarta: Pembaharuan
Malayu.S.P. Hasibuan. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia .Edisi
Revisi, Cetakan Kedelapan, Jakarta: Bumi Aksara.
Husein Umar. 2007. Desain Penelitian SDMdan Perilaku Karyawan, Paradigma
Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Manahan P.Tampubolon. 2004. Prilaku Keorganisasian. Jakarta : Ghalia
Indonesia
Masri Singarimbun & Sofian Effendi, 1995.Metode Penelitian Survai. Jakarta:
LP3ES.
Mokhammad Syuhandhak. 1994. Administrasi Kepegawaian Negara, Teori dan
Praktek Penyelenggaraannya di Indonesia.
Jakarta: PT. Toko Gunung.
Ratminto dan Atik S, Winarsih, 2005,Manajemen Pelayanan (Pengembangan
Model Konseptual, penerapan Citizen’s Charter dan StandarPelayanan Minimal), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Riduwan.2007 ,Skala Pengukumn Variabel - Variabel Penelitian, Cetakan
Keempat. Bandung: Alfabeta.
Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Robbins, Stephen P. 2003. Organizational Behavivour.New Jersey, US : Prentice
Hall.
Ratminto danAtik Septiwinarsi.2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sedermayanti, Dr. 2003. Good Governancedalam Rangka Otonomi Daerah.
Bandung:CV Mandarmaju
Sinambela, LijanPoltak. 2008. Reformasi pelayananPublik.
Jakarta :BumiAkasara
Singarimbun,Masri dan Effendi,1989. Sofian,Metode Penelitian Survai. Jakarta,LP3ES
Sugiyono.2004. Metode Penelitian Administrasi (ed.5). Bandung : CV. Alfabeta.
_______. 2005. MetodePenelitian Kualitatif. Bandung, CV.Alfabeta.
Supriyatno, Budi. 2009. ManajemenPemerintahan (Plus Dua BelasLangkah Strategis).CV. Media Brilian. Jakarta.
Suryanto.2010. Sebuah Upaya Perbaikan dan Inovasi dalam Meningkatkan
Kepercayaan Publik. Jakarta: Media Kekayaan Negara Ed 1.
Thoha, Miftah. 1998 Prilaku Organisasi :Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Winarno, Budi.2001 Teori dan Proses Kebijakan Publik, Yogyakarta, Media Pressindo
Undang-UndangNO.25Tahun 2009 TentangPelayanan Publik,
http://transparansi.or.id/about/reformasi-birokrasi/latar-belakang-reformasi- birokrasi.html
Refbacks
- There are currently no refbacks.