Pengaruh Pengembangan Pegawai Terhadap Efektivitas Kerja Pada Kantor Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten Mahakan Ulu

Yohanes Nyuk

Abstract


Bentuk penelitian  yang  digunakan  dalampenelitian  ini  adalah  metode deskriptifdengan pendekatan kuantitatif.Metode deskriptif  adalahmetode  yang  sifatnya memberikan  gambaran  secara sistematis,  aktual dan akurat mengenai fakta-fakta,sifat-sifatdanhubunganantarfenomenayangdiselidiki.   Menurut Moh. Nasir (2004:63) metode deskriptif  didefinisikan  sebagai  “Suatu metode dalam  meneliti status  sekelompok manusia suatu objek, suatu kondisi, suatu  sistem  pemikiranataupunsuatukelas peristiwapadamasasekarang. ”Tujuan penelitiandeskriftifmenurutMoh.Nasiradalah:Untuk membuatdeskripsi,  gambaran  ataulukisan  secarasistematis,  aktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifatsertahubungan antarfenomena yangdiselidiki.Sedangkan  pendekatan  kuantitatif diterapkan dengan menggunakan  rumus  statistik untuk  membantu dalam menganalisa data dan fakta yang diperoleh (Arikuntoro, 2003 : 15)

Berdasarkan perhitungan korelasi diperoleh nilai r sebesar 0,667 apabila dihubungkan dengan tabel interpretasi maka hasil korelasi tergolong kuat.Ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara pendidikan dan pelatihan dengan efektifitas kerja pada Kantor Dinas Kesehatan Kesehatan Kabupaten Mahakam Ulu. Oleh karena itu pendidikan dan pelatihan sangat penting diberikan kepada pegawai untuk dapat meningkatkan kecakapan, keterampilan dan kemampuan serta  keahlian sehingga efektivitas kerja dapat dilaksanakan didalam mencapai tujuan atau  sasaran  didalam instansi.

Berdasarkan hasil koefisien determinan diperoleh nilai r square 0,445 ini berarti peran atau kontribusi variabel pendidikan dan pelatihan mampu menjelaskan variabel efektivitas kerja sebesar 44,5%. Dengan demikian bahwa pendidikan dan pelatihan memberikan pengaruh terhadap efektivitas kerja sebesar 44,5% pada Kantor Dinas Kesehatan Kesehatan Kabupaten Mahakam Ulu, sedangkan 55,5% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitianini.


Keywords


Efektivitas Kerja

Full Text:

doc

References


Andreas Lako. 2004. Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi Isu Teori dan Solusi.

Yogyakarta: Amara Books.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2005. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung :

PT.RafikaAditama.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

________________. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Basri A.F.M. & Rivai V. 2005.Performance Appraisal.Jakarta : PT. Raja

Grafindo Persada.

Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan GoodGovernance Melalui Pelayanan

Publik.Yogyakarta: GadjahMada UniversityPress

Hadi, Sutrisno, 2002. Statistik Jilid II, YPFP-UGM, Yogyakarta.

Indrawijaya, AdamI. 2000. PrilakuOrganisasi.Cetakan keenam.Bandung :

Sinar BaruAlgesindo.

Irawan,Prasetya,et.all,1997,ManajemenSumberDayaManusia,LANPress, Jakarta.

Juliansyah Noor. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kerlinger, F.N., Foundations of Behavioral Research, 2nd Ed., New York,MacMillan,1971.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik.

Yogyakarta: Pembaharuan

Malayu.S.P. Hasibuan. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia .Edisi

Revisi, Cetakan Kedelapan, Jakarta: Bumi Aksara.

Husein Umar. 2007. Desain Penelitian SDMdan Perilaku Karyawan, Paradigma

Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Manahan P.Tampubolon. 2004. Prilaku Keorganisasian. Jakarta : Ghalia

Indonesia

Masri Singarimbun & Sofian Effendi, 1995.Metode Penelitian Survai. Jakarta:

LP3ES.

Mokhammad Syuhandhak. 1994. Administrasi Kepegawaian Negara, Teori dan

Praktek Penyelenggaraannya di Indonesia.

Jakarta: PT. Toko Gunung.

Ratminto dan Atik S, Winarsih, 2005,Manajemen Pelayanan (Pengembangan

Model Konseptual, penerapan Citizen’s Charter dan StandarPelayanan Minimal), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Riduwan.2007 ,Skala Pengukumn Variabel - Variabel Penelitian, Cetakan

Keempat. Bandung: Alfabeta.

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Robbins, Stephen P. 2003. Organizational Behavivour.New Jersey, US : Prentice

Hall.

Ratminto danAtik Septiwinarsi.2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sedermayanti, Dr. 2003. Good Governancedalam Rangka Otonomi Daerah.

Bandung:CV Mandarmaju

Sinambela, LijanPoltak. 2008. Reformasi pelayananPublik.

Jakarta :BumiAkasara

Singarimbun,Masri dan Effendi,2008. Sofian,Metode


Refbacks

  • There are currently no refbacks.