Pengaruh Pengembangan Pegawai Terhadap Efektivitas Kerja Pada Kantor Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten Mahakan Ulu
Abstract
Bentuk penelitian yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode deskriptifdengan pendekatan kuantitatif.Metode deskriptif adalahmetode yang sifatnya memberikan gambaran secara sistematis, aktual dan akurat mengenai fakta-fakta,sifat-sifatdanhubunganantarfenomenayangdiselidiki. Menurut Moh. Nasir (2004:63) metode deskriptif didefinisikan sebagai “Suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiranataupunsuatukelas peristiwapadamasasekarang. ”Tujuan penelitiandeskriftifmenurutMoh.Nasiradalah:Untuk membuatdeskripsi, gambaran ataulukisan secarasistematis, aktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifatsertahubungan antarfenomena yangdiselidiki.Sedangkan pendekatan kuantitatif diterapkan dengan menggunakan rumus statistik untuk membantu dalam menganalisa data dan fakta yang diperoleh (Arikuntoro, 2003 : 15)
Berdasarkan perhitungan korelasi diperoleh nilai r sebesar 0,667 apabila dihubungkan dengan tabel interpretasi maka hasil korelasi tergolong kuat.Ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara pendidikan dan pelatihan dengan efektifitas kerja pada Kantor Dinas Kesehatan Kesehatan Kabupaten Mahakam Ulu. Oleh karena itu pendidikan dan pelatihan sangat penting diberikan kepada pegawai untuk dapat meningkatkan kecakapan, keterampilan dan kemampuan serta keahlian sehingga efektivitas kerja dapat dilaksanakan didalam mencapai tujuan atau sasaran didalam instansi.
Berdasarkan hasil koefisien determinan diperoleh nilai r square 0,445 ini berarti peran atau kontribusi variabel pendidikan dan pelatihan mampu menjelaskan variabel efektivitas kerja sebesar 44,5%. Dengan demikian bahwa pendidikan dan pelatihan memberikan pengaruh terhadap efektivitas kerja sebesar 44,5% pada Kantor Dinas Kesehatan Kesehatan Kabupaten Mahakam Ulu, sedangkan 55,5% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitianini.
Keywords
Full Text:
docReferences
Andreas Lako. 2004. Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi Isu Teori dan Solusi.
Yogyakarta: Amara Books.
Anwar Prabu Mangkunegara. 2005. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung :
PT.RafikaAditama.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
________________. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Basri A.F.M. & Rivai V. 2005.Performance Appraisal.Jakarta : PT. Raja
Grafindo Persada.
Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan GoodGovernance Melalui Pelayanan
Publik.Yogyakarta: GadjahMada UniversityPress
Hadi, Sutrisno, 2002. Statistik Jilid II, YPFP-UGM, Yogyakarta.
Indrawijaya, AdamI. 2000. PrilakuOrganisasi.Cetakan keenam.Bandung :
Sinar BaruAlgesindo.
Irawan,Prasetya,et.all,1997,ManajemenSumberDayaManusia,LANPress, Jakarta.
Juliansyah Noor. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kerlinger, F.N., Foundations of Behavioral Research, 2nd Ed., New York,MacMillan,1971.
Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik.
Yogyakarta: Pembaharuan
Malayu.S.P. Hasibuan. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia .Edisi
Revisi, Cetakan Kedelapan, Jakarta: Bumi Aksara.
Husein Umar. 2007. Desain Penelitian SDMdan Perilaku Karyawan, Paradigma
Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Manahan P.Tampubolon. 2004. Prilaku Keorganisasian. Jakarta : Ghalia
Indonesia
Masri Singarimbun & Sofian Effendi, 1995.Metode Penelitian Survai. Jakarta:
LP3ES.
Mokhammad Syuhandhak. 1994. Administrasi Kepegawaian Negara, Teori dan
Praktek Penyelenggaraannya di Indonesia.
Jakarta: PT. Toko Gunung.
Ratminto dan Atik S, Winarsih, 2005,Manajemen Pelayanan (Pengembangan
Model Konseptual, penerapan Citizen’s Charter dan StandarPelayanan Minimal), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Riduwan.2007 ,Skala Pengukumn Variabel - Variabel Penelitian, Cetakan
Keempat. Bandung: Alfabeta.
Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Robbins, Stephen P. 2003. Organizational Behavivour.New Jersey, US : Prentice
Hall.
Ratminto danAtik Septiwinarsi.2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sedermayanti, Dr. 2003. Good Governancedalam Rangka Otonomi Daerah.
Bandung:CV Mandarmaju
Sinambela, LijanPoltak. 2008. Reformasi pelayananPublik.
Jakarta :BumiAkasara
Singarimbun,Masri dan Effendi,2008. Sofian,Metode
Refbacks
- There are currently no refbacks.