PENGARUH DISIPLIN KERJA PEGAWAI TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KECAMATAN LONG BAGUN KABUPATEN MAHAKAM ULU
Abstract
Fransiska Havui, Skripsi dengan judul Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh disiplin kerja terhadap peningkatan kualitas pelayanan pada kantor Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu. Analisa data yang digunakan untuk menguji hubungan atau pengaruh variabel disiplin terhadap variabel kualitas pelayanan, menggunakan instrument analisis koefisiensi korelasi product moment, perhitungan analisa menggunakan program SPSS 17,0 for windows.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 37 orang pegawai, terdiri dari 15 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan sebanyak 22 orang pegawai Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) di Kantor Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu. Karena populasinya tidak terlalu besar, maka penulis tidak mengambil sampel melainkan seluruh populasi yang ada dijadikan responden, atau dengan kata lain menggunakan metode sensus.
Berdasarkan hasil perhitungan korelasi diperoleh rhit = 0,442, hasil tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis dari koefisien korelasi Product Moment (Pearson) untuk n = 37 pada tingkat signifikasi 5%, yaitu 0,325. Atau dapat dikatakan pula bahwa rhit = 0,442 > rtab = 0,325. Hal ini menunjukkan dan bermakna bahwa terdapat hubungan dalam arti pengaruh yang positif antara variabel disiplin kerja pegawai dengan variabel kualitas pelayanan. pada kantor Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu.
Dari hasil perhitungan hasil uji-t sebesar 3,817, hasil ini jika dibandingkan dengan nilai pada tabel harga-harga kritis t-student ternyata lebih besar, yaitu thit = 3,817 > ttab = 1,690 pada tingkat signifikasi 0,05 untuk n – 2 = 35 (37 – 2 = 35). Ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel disiplin kerja pegawai terhadap variabel peningkatan kualitas pelayanan. Dengan demikian dapat pula dikatakan bahwa rumusan masalah di dalam penelitian ini telah terjawab dan hipotesis yang diajukan dapat dibuktikan kebenarannya bahwa disipilin kerja pegawai berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan pada kantor Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu
Faktor lain yang cukup berperan dalam kualitas pelayanan masyarakat yang tidak diukur dalam penelitian ini antara lain faktor kesadaran baik dari petugas pelayanan maupun dari masyarakat, faktor peraturan yang telah di tentukan oleh instansi pemberi layanan, faktor organisasi yang baik, faktor imabalan atau gaji, faktor kemampuan dalam bekerja, faktor sarana dan prasarana, komunikasi dan pendidikan.
Keywords
Full Text:
docReferences
Achmat Batinggi. 1999. Manajerial Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.
Agus Dwiyanto. 2006. Mewujudkan Good Governace Melayani Publik. Yogyakarta: UGM Press.
Agus Dwiyanto. 2001. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta. Gajah Mada
Dwiyanto, Agus. 2001. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta. Gajah Mada
Endar Sugiarto, 2002. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta..
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Handayaningrat, Soewarno, 1996, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Gunung Agung, Jakrta.
Handoko, T. Hani, 2016, Manajemen, edisi kedua, BPFE, Yokyakarta.
Handoko, T. Hani, 2008, Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, edisi kedua, Penerbit : BPFE, Yogyakarta
H. Nainggolan, 1994, Pembinaan Pegawai Negeri Sipil, Cetakan ke tujuh.
Hasibuan Malayu S.P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. edisi revisi, Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta
H. A.S. Moenir, 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.
Ig. Suroso, 1980, Disiplin Motivasi Dengan kerja Karyawan Edisi Pertama PT. Intan, Klaten.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pelayanan Publik
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2004 tentang Pelayanan Publik
Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.
Mangkunegara Anwar Prabu, 2005, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Penerbit : Aditama, Bandung
Mangkuprawira Shafri dan Aida Vitayala Hubeis, 2007 Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta
Manullang, M, 2001, Dasar – Dasar Manajemen, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Moh Nazir, 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta
Thoha, Muhammad. 2003, Perilaku Organisasi. UGM Press. Jogyakarta.
LGSP., 2009. Pembaharuan dalam Manajemen Pelayanan Publik Daerah. USAID, Jakarta.
Sastrohadirwiryo, Siswanto, 2002, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administrasi dan Operasional), Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta
Siagian P. Sondang, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi pertama, Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta
Silalahi, Ulbert. 2003. Studi Tentang Ilmu Administrasi, Konsep, Teori, dan Dimensi, Sinar Baru Algensindo. Bandung.
Sinambela, Dr. Lijan Poltak, M.M., M.Pd., dkk. 2008. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi. 2008. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Simamora, Henry. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. edisi ketiga, Penerbit : YKPN, Yogyakarta
Singarimbun dan Effendi, ( 1995 ), Metode Penelitian Survey, Jakarta: Penerbit PT.Pustaka LP3ES Indonesia
Siswanto, Sastrohadiwiryo, B 2002, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Soewarno Handayaningrat, 1982, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Management, Gunung Agung, Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.