PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI PADA KANTOR PT. PERTAMINA SAMARINDA

Muhammad Firmansyah

Abstract


Muhammad Firmansyah, 2018.Pengaruh Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Pegawai pada Kantor PT. Pertamina Samarinda. Dibimbing oleh Bapak H.Ahmad Jubaidi, S.Sos, M.Si sebagai dosen pembimbing I dan Bapak Drs. Ghufron, M.Si sebagai dosen Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap motivasi kerja pegawai pada kantor PT. Pertamina Samarinda.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis uji regresi linear sederhana, uji validitas dan uji reliabilitas, dan koefisien determinasi. Populasi penelitian ini adalah pegawai pada kantor TBBM Samarinda, Sampel dalam penelitian ini adalah 30 responden.

Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel apabila semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Analisis dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 21.0.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini, maka kesimpulan  yang diperoleh yaitu ada pengaruh kompensasi terhadap motivasi kerja pegawai dengan analisa koefisien determinasi diperoleh sebesar 47,5% dan sisanya 52,5% di pengaruhi faktor lain. Dan di peroleh nilai t hitung sebesar 5,034 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.


Keywords


Kompensasi, Motivasi Kerja

Full Text:

doc

References


Ardana, I Komang., Ni Wayan Mujiati., & I Wayan Mudiartha Utama. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. (Edisi Pertama). Yogyakarta; Graha Ilmu.

Ghozali, Imam (2009).Aplikasi Analisis Multivatiate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Ricki W dan Ronal J Ebert. 2007. Bisnis Edisi 8. Jakarta : Erlangga.

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Cetakan kelima belas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hadi, Sutrisno (2004). Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. (Cetakan Kesembilan) Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineksa Cipta.

Samsudin, Sadili. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: SIEYKPN.

Sugiyono Prof, Dr. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Cv. Alfa Beta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&d. (Cetakan Kesembilanbelas). Bandung; Alfabeta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Penerbit Alfabeta. Bandung

Umar, Husein. 2004. Metode Riset Ilmu Administrasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.